POPULAR STORIES

Hyundai Klaim Connected Car Service Digunakan 10 Juta Pengguna

Hyundai Klaim Connected Car Service Digunakan 10 Juta Pengguna Connected Car Service (Foto: Hyundai)

KabarOto.com - Hyundai Motor Group mencatatkan 10 juta pengguna connected car service secara global pada bulan Juni 2023. Capaian ini direngkuh dalam waktu 1 tahun dan 10 bulan setelah meraih 5 juta pengguna pada Agustus 2021.

Connected car service menggunakan jaringan nirkabel untuk mengaktifkan sistem infotainment di kendaraan dan aplikasi smartphone yang memberikan pengguna kenyamanan akses terhadap kendaraannya.

Layanan ini telah berkembang, tidak hanya menawarkan fungsi dasar seperti navigasi real-time, voice recognition, dan remote vehicle control, tapi juga menghadirkan fitur inovatif seperti over-the-air (OTA) updates, pembayaran di dalam kendaraan, serta streaming audio dan video.

Adapun Hyundai Motor, Kia, dan Genesis saat ini menyediakan Bluelink, Kia Connect, dan Genesis Connected services.

Baca Juga: Hyundai Gandeng Kampus ITB Kembangkan Perintah Suara Di Mobilnya

Hae-Young Kwon, Vice President of the Infotainment Development Center Hyundai Motor Group, mengatakan, “Kami memiliki tujuan untuk mengakselerasi transisi menuju era SDV dengan terus fokus pada teknologi dan software yang mampu menghubungkan tiap perjalanan secara seamless, "ungkapnya.

Hyundai memprediksi akan mencapai 20 juta pengguna di seluruh dunia pada akhir 2026.

Hyundai Motor Group pertama kali memperkenalkan connected car service di Korea Selatan pada 2003, dan terus memperluas layanan tersebut ke pasar global. Layanan ini pertama kali berekspansi ke luar negeri dengan hadir di Amerika Serikat pada Juni 2011, disusul ke Tiongkok, Eropa, India, dan Singapura. Kini, layanan tersebut telah tersedia bagi pelanggan di lebih dari 50 negara.

Jumlah pengguna secara global mencapai 1 juta pada Mei 2018, kemudian 5 juta pada Agustus 2021, 8 juta pada Oktober 2022, dan 10 juta di bulan ini. Dengan tren pertumbuhan tersebut, Hyundai Motor Group memprediksi akan mencapai 20 juta pengguna di seluruh dunia, termasuk di Korea Selatan, pada akhir 2026.

Baca Juga: PT HMID Jawab Keluhan Inden Spare Parts Hyundai

Hyundai Motor Group berencana mengekspansi connected car service ke pasar Asia Tenggara, dengan memperkuat kolaborasi bersama penyedia layanan kenamaan di dunia, untuk terus mengembangkan layanan inovatif yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Lebih lanjut, connected car service akan terus ditingkatkan sejalan dengan visi Hyundai Motor Group terhadap transisi ke sistem SDV. Hyundai telah mengungkapkan strategi untuk SDV dalam ajang ‘Unlock the Software Age’ pada October 2022 sekaligus mengumumkan untuk mulai menyediakan OTA software updates di semua model kendaraan yang akan datang.