POPULAR STORIES

Hyundai Membangun Pabriknya Di Indonesia, Siap Produksi Mobil Kompak SUV Dan MPV

Hyundai Membangun Pabriknya di Indonesia, Siap Produksi Mobil Kompak SUV dan MPV Hyundai Tucson (KO/Wandha)

KabarOto.com - Hyundai Motor Company, hari ini (26/11) mengumumkan telah menandatangani nota kesepahaman (MOU), dengan pemerintah Indonesia, untuk membangun pusat manufaktur pertama yang berbasis di kawasan ASEAN.

"Pembangunan pabrik manufaktur Hyundai Motor di Indonesia dapat terlaksana berkat kerja sama dan dukungan dari pemerintah Indonesia," kata Euisun Chung, Executive Vice Chairman Hyundai Motor Group.

Baca Juga: Mazda2 Terbaru, Hadir Dengan Sejumlah Peningkatan Fitur

Pabrik manufaktur canggih dengan luas 77,6 hektar ini terletak di Kota Deltamas, sebuah kawasan industri di sebelah timur Jakarta.

Nantinya, Hyundai berencana untuk memproduksi SUV kompak, MPV kompak, dan model sedan yang dirancang khusus untuk pelanggan di pasar Asia Tenggara di pabrik baru Indonesia ini.

Dihadiri oleh Presiden Joko Widodo

"Di pabrik ini juga akan menggabungkan fasilitas untuk stamping, pengelasan, pengecatan dan perakitan," ungkap Chung. Fasilitas manufaktur ini akan mulai dibangun pada bulan Desember 2019 dan diharapkan untuk memulai produksi komersial pada paruh kedua tahun 2021, dengan kapasitas tahunan sekitar 150.000 unit.

Chung menambahkan, pabrik ini nantinya dapat memproduksi sekitar 250.000 kendaraan setiap tahunnya. Selain itu, Hyundai juga tengah menjajaki produksi kendaraan listrik (electric vehicle/EV) kelas dunia di pabriknya di Indonesia.

Baca Juga: Mengintip Spesifikasi Mobil Balap Listrik Hyundai Veloster N ETCR

"Hyundai berkomitmen untuk membantu mengembangkan ekosistem EV Indonesia, berkontribusi pada kualitas hidup masyarakat melalui kepemimpinannya dalam teknologi mobilitas bersih," tutur Chung.

Pabrik akan mulai dibangun Desember mendatang

Bersama dengan perusahaan afiliasinya, Kia Motors Corporation, Hyundai memang memiliki tujuan untuk menjadi produsen EV ketiga terbesar di dunia pada tahun 2025.