Hyundai Xcient Fuel Cell Diharapkan Terjual 1.600 Unit Hingga 2025

Hyundai Xcient Fuel Cell Diharapkan Terjual 1.600 Unit Hingga 2025

KabarOto.com - Hyundai Motor Company mengabarkan tengah mempersiapkan heavy-duty truck bertenaga hidrogen. Sedianya menjadi andalan di Hyundai Xcient Fuel Cell dan dipasarkan di kawasan Eropa, Amerika Utara dan Tiongkok.

Dikabarkan bahwa pada tahun 2021 untuk Eropa, Hyundai akan mengapalkan Hyundai Xcient Fuel Cell sebanyak 140 unit. Hyundai Hydrogen Mobility, merupakan joint venture antara Hyundai Motor dan H2 Energy untuk ekspansi di Eropa.

Baca juga: Beli Truk Ini Dapat Paket Gratis Total Part dan Oli Selama 3 Tahun



Diyakini sebagai bagian rencana perusahaan ini untuk mengaspalkan heavy-duty truck bertenaga hidrogen sebanyak 1.600 unit pada tahun 2025.

"Hyundai Motor ingin menerapkan pengalaman selama 20 tahun di teknologi fuel cell untuk pandangannya dalam hal ramah lingkungan di lingkungan hidrogen," ujar Jaehoon (Jay) Chang CEO and President of Commercial Vehicle Division at Hyundai Motor Company.

Jay menambahkan bahwa Hyundai Xcient Fuel Cell akan berkontribusi untuk memperluas penggunaan kendaraan komersial berbasis tenaga hidrogen.

Sebagai informasi, Xcient Fuel Cell gunakan sitem hidrogen yang akan suguhkan tenaga 180 kW degan dua tumpuk fuel cell masing-masing 90 kW. Daya tahan sistem fuel cell dan juga efisiensinya sudah ditingkatkan.

Baca juga: Ini yang Dilakukan UD Trucks Demi Keselamatan Sopir Truk dan Lingkungan



Adapun e-motor 350 kW punya tendangan torsi hingga 2.237 Nm, membuat performa Xcient Fuel Cell lebih dinamis. Tangki hidrogen besar disusun rapi sebanyak tujuh buah, bisa menampung 31 kg hidrogen. Pengisian tangki hanya memerlukan wakti 8 hingga 20 menit, bergantung temperatur dan tekanan mencapai 350 bar.

Kapasitas total tiga baterai mencapai 72 kWh, memungkinkan jarak tempuh mencapai 400 km. Oh iya, konsumen bisa memilih Xcient Fuel Cell dengan bodi rigid 6x2 atau yang sebelumnya sudah ada 4x2.