POPULAR STORIES

Iker Lecuona Ungkap Cara Taklukan Honda CBR1000RR-R

Iker Lecuona Ungkap Cara Taklukan Honda CBR1000RR-R Sumber Foto : WSBK & Pihak Tim

KabarOto.com – Pembalap anyar Team HRC (Honda Racing Corporation), Iker Lecuona baru-baru ini mengungkapkan cara menaklukkan Honda CBR1000RR-R.

Pada seri kedua World Superbike (WSBK) 2022, di Sirkuit Assen, Belanda Iker berhasil meraih podium ketiga. Meski datang dari MotoGP, pembalap Spanyol itu tetaplah seorang rookie di WSBK dengan Honda CBR1000RR-R yang belum menjadi motor terbaik di tahun ketiganya.

Baca juga: Usai WSBK Aragon 2022, Toprak Razgatlioglu Nilai Motor Lamanya Lebih Kompetitif

Tetapi, Iker berhasil melakukan transisi mulus dari MotoGP dengan ban Michelin yang kaku ke Superbike memakai ban Pirelli. Pembalap bernomor 7 itu mulai mampu mengimbangi kecepatan para kompetitornya yang sudah berpengalaman darinya.

“Saya pikir setiap pembalap memiliki gaya balapnya sendiri. Sama seperti Valentino Rossi yang naik dari 125 cc ke 250 cc hingga ke MotoGP, dia terus beradaptasi dengan itu. Jadi, gaya balapnya telah berubah secara besar-besaran selama bertahun-tahun. Sekarang saya di Superbike dan tentu saja saya mencoba untuk menerapkan gaya balap saya dari MotoGP. Saya menggunakan siku, lalu menggeser bobot tubuh saat memasuki tikungan,” ungkap Iker Lecuona.

Pembalap 22 tahun itu juga memanfaatkan kekuatan CBR1000RR-R tanpa terlalu membengkokkan dirinya. Tentu, hal tersebut tidaklah mudah, tetapi seiring berjalannya waktu dirinya akan memahami motor dan tahu apa yang harus dilakukan.

Baca juga: Hasil Race 2 WSBK Assen 2022 : Alvaro Bautista Meraih Kemenangan

“Ini yang dilakukan setiap rider. Mereka menggunakan gaya balap yang dirasa nyaman. Apa yang membuat paket bagus, menurut saya adalah pembalap yang bisa menyesuaikan diri dengan motor. Tetapi, motornya juga bisa beradaptasi ke pengendaranya,” tegas Iker.

Saat ini, mantan pembalap MotoGP itu menempati peringkat kelima di klasemen sementara WSBK 2022 dengan raihan 50 poin. Dirinya memiliki gap lima poin dari Andrea Locatelli (PATA Yamaha) dan unggul tujuh poin dari Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it).