POPULAR STORIES

IMI Gelar Pendidikan Untuk Marshal Bertugas Di Sirkuit Mandalika

IMI Gelar Pendidikan untuk Marshal Bertugas di Sirkuit Mandalika Marshal di sebuah event balap (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Menjelang berlangsungnya balapan motor internasional, World Superbike 2021 pada 19-21 November di sirkuit Mandalika, Ikatan Motor Indonesia (IMI) menggelar pendidikan untuk ratusan marshal yang berasal dari warga lokal sekitar sirkuit.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo. Namun ada sedikit kecemasan terhadap petugas marshal ini, karena belum ada yang pernah bertugas sebagai marshal untuk event balap internasional.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Masuk Jadwal Sementara MotoGP 2022

Ada beberapa hal yang dibutuhkan untuk menjadi marshal, di antaranya pengetahuan juga pengalaman dalam melakukan pertolongan pertama. Untuk itu, IMI bertanggung jawab penuh atas kinerja marshal selama event berlangsung.

Marshal WSBK (Foto: Istimewa)

IMI akan segera melakukan seleksi dan pendidikan kepada calon-calon marshal. “Marshal merupakan tanggung jawab IMI, dan kami telah melakukan pendidikan kepada mereka sejak awal tahun ini,” terang Bamsoet, dalam jumpa pers virtual, Selasa, (19/10/2021).

Ada 600 orang yang akan di didik menjadi marshal. Chief Strategic and Communication MGPA, Happy Harinto mengatakan, semua marshal nanti akan mendapatkan sertifikat.

“Kami telah melakukan pendidikan ketat kepada 600 orang yang terdaftar untuk menjadi marshal. Tetapi, kami tidak akan menggunakan semua jasa mereka,” terang Happy, di kesempatan yang sama.

Happy menambahkan, pihaknya memanfaatkan pemuda-pemuda setempat, mendidik selama tiga hari berturut-turut dari pagi sampai sore. "Nantinya, mereka akan mendapatkan sertifikasi dari IMI dan juga FIM," terangnya.

Baca Juga: Gunakan Motor Custom, Jokowi Akan Jajal Sirkuit Mandalika

Marshal ini nantinya bisa dipanggil untuk bertugas di berbagai sirkuit seluruh dunia, yang menggelar kejuaraan dunia motor di bawah naungan FIM. Untuk diketahui, Marshal bertugas di sekitar sirkuit, mengamankan pembalap jika terjadi insiden. Marshal juga tugasnya membersihkan trek ada serpihan batu atau benda lainnya di lintasan.