POPULAR STORIES

IMI Persiapkan Museum Otomotif Di Sirkuit Sentul

IMI Persiapkan Museum Otomotif di Sirkuit Sentul Sentul International Circuit (Foto: Minews)

KabarOto.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) sedang mempersiapkan sebuah museum mobil, letaknya di tribun penonton, Sentul International Circuit.

Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo dan Badan Pembina IMI Pusat sekaligus Komisaris PT Sarana Sirkuitindo Utama selaku pengelola Sentul International Circuit, Tinton Soeprapto sedang menyelesaikan museum dengan luas 2.500 meter persegi itu. Museum ini akan memperkuat posisi Sentul International Circuit sebagai kawasan sport automotive tourism unggulan di Indonesia.

Baca Juga: Kumpulkan Mobil Klasik, BMWCCI Classic Register Gelar Halalbihalal

Bamsoet memaparkan, di sekitar museum, nantinya akan dikembangkan cafe serta lounge untuk menjadi tempat berkumpul pecinta otomotif. Pada bagian depan museum, terdapat lapangan luas, bisa dimanfaatkan menjadi tempat konser, slalom, drifting, juga berbagai acara lain. Diharapkan, dapat mendatangkan keramaian dan menghidupkan aktivitas ekonomi.

"Museum Otomotif IMI juga akan menjadi tempat edukasi, karena di dalamnya akan menampilkan berbagai diorama prestasi pembalap yang telah mengharumkan Indonesia di berbagai kejuaraan balap level dunia," terang Bamsoet dalam ketarangannya, Selasa (05/07/2022).

Bambang Soesatyo dan Tinton Soeprapto (Foto: IMI)

Museum ini, akan menampilkan berbagai koleksi kendaraan di Indonesia, mulai dari vintage, futuristik mulai dari kendaraan listrik sampai hidrogen, serta modifikasi.

Koleksi Museum Otomotif IMI ini akan menampilkan mobil balap yang dipakai Ananda Mikola saat pertama kali mengikuti Formula Asia pada usia ke- 14 di tahun 1994. Kemudian juga Gokart yang pernah dipakai Moreno Soeprapto di berbagai kejuaraan internasional.

"Selain kendaraan balap, akan ditampilkan juga berbagai aksesori balap, memiliki nilai sejarah penting bagi dunia balap Indonesia," terangnya. Dia menjelaskan, seperti jaket balap Tinton Soeprapto saat mengikuti ajang Rally Paris Dakkar tahun 1990.

Juga jaket balap Sean Gelael saat menjuarai Juara Dua Dunia FIA Endurance Trophy for LMP2 Drivers, dalam ajang FIA World Endurance Championship 2021.

Baca Juga: Porsche Indonesia Undang Pemilik Mobil Klasik Lakukan Pemeriksaan Gratis

Museum Otomotif IMI juga akan menampilkan mobil kepresidenan yang pernah digunakan Presiden Soeharto, Mercedes-Benz 500SEL, spesifikasinya sama seperti milik Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Ratu Inggris, Queen Elizabeth II.