POPULAR STORIES

Impresi Alke ATX340E, Pikap Listrik Berukuran Kecil Asal Italia

Impresi Alke ATX340E, Pikap Listrik Berukuran Kecil Asal Italia Alke ATX 340E (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Perhelatan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 menyajikan area test drive di dalam ruangan, tepatnya di Hall B3 dan C3. Di antara mobil listrik yang disediakan untuk test drive, kami tertarik untuk mencoba Alke ATX340E.

Sedikit spoiler, pengunjung PEVS 2022 tidak bisa mengendarainya secara langsung, hanya diperbolehkan sebagai penumpang.

Desain pintu terbuka

Baca Juga : Impresi New Honda ADV 160: Posisi Berkendara Nyaman Dan Santai

Sebagai informasi, Alke ATX 340E adalah mobil listrik asal Italia yang diperuntukan untuk keperluan industri dan didatangkan langsung oleh PT Groen Indonesia. Di mana, badan usaha ini merupakan distributor produk pengelolaan kebersihan kota dan pengolahan sampah perkotaan. Alke ATX 340E sendiri sudah di gunakan untuk pengangkutan sampah di salah satu perumahan Citraland di Surabaya.

Bicara soal desain, Alke ATX 340E sangat menggambarkan kendaraan industri. Memiliki desain yang futuristik, mobil listrik ini memiliki warna hitam dan putih, lengkap dengan lampu depan LED.

Bentuk dasbor sederhana

Area kabin, terdapat dasbor yang sederhana mengingat kendaraan ini diperuntukkan untuk kendaraan industri dengan dominasi warna hitam dan abu-abu dengan desain kemudi palang tiga. Sementara itu, panel cluster berada di tengah dasbor dengan tampilan digital dan analog. Menariknya, pergantian gigi menggunakan tombol yang juga berada di konsol tengah.

Alke ATX 340E dibekali baterai lead acid 14,4 kWh dengan jarak tempuh sejauh 119 kilometer, dengan kecepatan maksimal 40 kpj. Pengisian baterai 0 hingga penuh diklaim membutuhkan waktu 8 jam, dengan masa hidup baterai 1.500 putaran.

Desain tampilan belakang

Baca juga: Impresi All New Suzuki Ertiga Hybrid

Sebagai mobil listrik industri, Alke ATX 340E memiliki bak angkut layaknya mobil pikap. Kapasitasnya tidak terlalu besar. Melansir halaman resminya, mobil listrik ini memiliki kapasitas muat hingga 1.630 kg, kapasitas penarik hingga 2.000 kg, dan berat maksimum 4.500 kg .

Saat pengemudi menghidupkan mesin dan menginjak pedal gas terdengar suara buatan atau artificial.

Kapasitas bak angkut tidak terlalu besar

Mengingat mobil ini merupakan kendaraan industrial, akselerasinya pun tak seresponsif mobil listrik kendaraan penumpang. Namun desain yang sederhana dan berukuran kecil, membuat pengemudi cukup mudah untuk melakukan manuver.

Sayangnya, test drive dilakukan di lokasi yang terbatas. Akan sangat menarik jika bisa digunakan sesuai dengan fungsi Alke ATX 340E

Oh iya, Alke ATX 340E kabarnya dibanderol cukup mahal, yakni sekitar Rp 750 juta sampai Rp 1,2 miliar.