POPULAR STORIES

Impresi All New Honda Civic RS: Banderol Mahal, Terbayarkan Deretan Fitur Canggih

Impresi All New Honda Civic RS: Banderol Mahal, Terbayarkan Deretan Fitur Canggih Foto : Sigit (Kabaroto)

KabarOto.com – All New Honda Civic RS sebenarnya sudah terlebih dahulu meluncur secara global pada pertengahan tahun ini. Tak perlu waktu lama, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan salah satu model legendaris ini ke Tanah Air.

Untuk melihat lebih dekat, KabarOto mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung All New Honda Civic RS di Dreams Café, yang berlokasi di Senayan Park.

All New Honda Civic RS hanya tersedia satu varian dengan 4 pilihan warna, yaitu Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl. Sedan sporti ini dibanderol Rp567 juta.

Baca juga: Sejarah Honda City, Tetap Eksis Dalam Bentuk Sedan Maupun Hatchback

Impresi pertama yang kami dapatkan, All New Honda Civic RS yang didatangkan secara CBU dari Thailand ini memiliki perubahan menyeluruh, kecuali dari mesin.

Pada bagian depan, sedan legendaris ini tampil lebih dewasa dengan mempertahankan bentuk gril yang minimalis yang diapit sepasang lampu berteknologi LED. Selain itu, Honda juga menyematkan bumper sporty berwarna hitam doff.

All New Honda Civic RS memiliki ukuran yang lebih Panjang 30 mm dari model sebelumnya, yakni Panjang 4.676 mm, lebar 1.802 mm dan tinggi 1.415 mm. Alhasil, dari bagian samping model ini terlihat lebih panjang.

Dari sisi samping, sedan ini terlihat lebih dinamis dan sporti dengan tarikan bodi yang tegas, dan terdapat side skirt serta penggunaan pelek alloy 17 inci berwarna hitam.

Baca juga: Pemerintah Akan Hentikan Penjualan Mobil Konvensional, Begini Tanggapan Honda

Geser ke belakang, terdapat spoiler berwarna hitam, stop lamp baru dan model knalpot ganda memperkental kesan sporti pada All New Honda Civic RS. Selain itu, bagasi belakang dibuat lebih fleksibel dengan tambahan fitur tuas untuk melipat jok belakang untuk menghasilkan bagasi menjadi lebih luas.

Masuk ke area kabin, kesan pertama yang didapatkan adalah kecanggihan yang disematkan di dalamnya. Bahkan, kami tidak mengira bahwa interior ini bukan milik Honda.

Layar instrumen kluster digital berukuran 10,2 inci langsung menyambut kami dengan animasi singkat. Model setir dibuat baru dengan berbagai pengaturan.

Bagian dasbor juga menjadi titik daya tarik dari All New Honda Civic RS dengan adanya layar entertainment yang terintegrasi dengan mobil. Fitur ini sudah dibekali sistem Android Auto dan Apple car Play.

Baca juga: Galeri Foto All New Honda Civic RS

Kisi-kisi AC pun dibuat layaknya mobil Eropa, serta banyaknya bagian yang dibuat secara detail dan pengoperasiaannya dibuat menyenangkan. Terus terang, bagian interior ini paling mencuri perhatian kami.

Geser ke belakang, ruang kabin belakang cukup sempit dan punya ruang kepala yang tak terlalu lega. Namun satu nilai tambahnya adalah Civic ini menggunakan wheelbase yang lebih panjang, sehingga area kabin ini sedikit lebih luas.

Di belakang, Honda menyematkan kisi AC tambahan, sehingga penumpang belakang tidak akan khawatir kegerahan. Selain itu, ada juga port pengecasan berjumlah dua buah yang diletakkan persis di bawah kisi AC-nya.

Bicara soal fitur, All New Honda Civic dibekali banyak fitur canggih, seperti Walk-Away Auto untuk pengemudi mengontrol dan terkoneksi dengan mobil. Fitur itu akan mengunci pintu secara otomatis ketika pengendara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan. Ada juga Rear Seat Reminder yang memberikan informasi pada panel instrumen bahwa terdapat objek yang tertinggal di bagian belakang kabin apabila sebelumnya pengendara telah membuka pintu belakang.

Baca juga: Belum Punya Harga, 1.600 Unit All New Honda BR-V Sudah Terpesan

Ada juga fitur Honda Smart Key Card sebagai alternatif pengganti remote control yang lebih ringkas dan seamless. Kunci yang berbentuk seperti kartu ini akan memungkinkan pengendara untuk dapat mengakses fitur-fitur unggulan seperti One Push Ignition System, Smart Entry System serta Walk-Away Auto Lock.

Bukan hanya itu, mendapatkan rangkaian fitur keselamtan Honda Sensing. Diantaranya Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Honda Civic RS juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lainnya, seperti Honda LaneWatchTM yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot, 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, Driver Attention Monitor dan Seatbelt Reminder untuk setiap baris tempat duduk.

Soal performa, All New Honda Civic RS dibekali mesin 1.500 cc DOHC VTEC Turbo yang mendapatkan peningkatan performa menjadi 175 dk dan torsi 240 Nm. Tersedia fitur Sport Mode untuk pengaturan performa yang lebih agresif dan didukung fitur Paddle Shift untuk kendali perpindahan transmisi yang lebih sporti.

Menurut kami dengan harga Rp 567 juta, All New Honda Civic RS menawarkan desain yang sporti di luar, kabin mewah dan deretan fitur canggih, apalagi dibekali dengan rangkaian fitur keselamatan Honda Sensing.

Rasanya, kami tidak sabar untuk mengujinya di jalan raya untuk mengetahui performanya!