Sejarah Honda City, Tetap Eksis Dalam Bentuk Sedan Maupun Hatchback

Sejarah Honda City, Tetap Eksis Dalam Bentuk Sedan Maupun Hatchback

KabarOto.com – Honda City pertama kali hadir pada tahun 1981 untuk pasar otomotif Asia yang mengusung desain kendaraan tiga pintu. Generasi pertama ini hadir ditawarkan dalam tiga varian, yakni AA untuk sedan, FV untuk van dan FA untuk turbo dan cabriolets.

Versi cabriolets yang diluncurkan pada November 1981 memiliki dimensi yang lebih luas mampu menampung empat orang dewasa.

1. Honda City Generasi Pertama (AA/FV/FA) Tahun 1981-1986

Pada masanya, Honda City di ekspor ke Eropa, Australia dan Selandia Baru. Khusus di Benua Biru, Honda City dipasarkan dengan nama Honda Jazz, karena Opel sudah memiliki merek produk yang sama. Sedangkan di Australia, Honda City diekspor dalam bentuk ‘van’ dua tempat duduk untuk menghindari pembatasan impor Australia pada kendaraan penumpang pada saat itu. Produksi Honda City generasi pertama ini berakhir pada akhir 1986 dengan diperkenalkannya tipe Honda City GA.

Soal performa, Honda City generasi pertama dibekali mesin Honda ER 4 silinder segaris berkapasitas 1.200 cc yang mampu menghasilkan tenaga 43 dk hingga 108 dk. mesin tersebut dipadukan dengan tiga pilihan transmisi, yakni 4/5 speed manual 4+3 speed Hypershift manual, dan 3 speed Hondamatic.

Baca juga: Honda City Hatchback RS Karya Desainer Hadir Di Dreams Cafe

Honda City Generasi kedua

2. Honda City Generasi Kedua (GA) Tahun 1986-1994

Honda City generasi keduanya diluncurkan pada tahun 1986. Pada saat itu, model ini mengalami perubahan menjadi lebih membulat. Bentuk lampunya berubah menjadi kotak, tidak seperti generasi pertama yang membulat. Honda City generasi kedua ini diproduksi terus sampai tahun 1994.

Honda mengganti varian City AA atau seda pada November 1986 dengan Honda City generasi kedua ini yang disebut GA1, kemudian diikuti dengan pembaruan pada 1989 dengan model GA2. Nama Fit juga muncul pertama kali sebagai varian Honda City generasi kedua.

Soal performa, Honda City generasi kedua ini dibekali dengan tiga pilihan mesin, yakni 1,238 cc D12A I4, 1,296 cc D13C I4 Carb, dan 1,296 cc D13C I4 PGM-FI. Ketiga mesin tersebut dipadukan dengan pilihan transmisi 5 percepatan manual dan 4 percepatan otomatis.

Honda City Generasi Ketiga

3. Honda City Generasi ketiga (3A2/3A3/SX8) Tahun 1996–2002

Pada generasi ketiga ini, Honda memposisikan City sebagai sedan empat pintu sub-kompak, dan ditempatkan di bawah Honda Civic, untuk pasar berkembang di Asia. Hadir dengan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc.

Honda City generasi ketiga memiliki kode SX8, menggunakan kode sasis 3A2 (untuk mesin 1.300 cc) dan 3A3 (untuk mesin 1.500 cc), didasarkan pada platform EF Civic. Honda City generasi ketiga ini dirancang untuk dan dijual hanya di pasar Asia Tenggara, diluncurkan dengan slogan “Smart for the new generation” dalam peluncuran versi 1.300 cc, sedangkan untuk versi 1.500 cc diluncurkan dengan slogan “Top-in-class smart”.

Produksi pertama dimulai di pabrik baru di Ayutthaya, Thailand, pada bulan April 1996. Mobil tersebut memiliki posisi dominan di pasar. Sejak awal, Honda City Thailand ini memiliki lebih dari 70% konten lokal. Bemper dibuat dalam tiga bagian terpisah untuk memudahkan pengiriman dari Jepang.

Selain itu, Honda City juga dibuat untuk pasar tambahan termasuk India, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Filipina, dan Taiwan.

Baca juga: Ini Target Penjualan All New Honda City Dan All New Civic RS

Honda City Generasi Ketiga (facelift)

3. Honda City Generasi Ketiga Facelift Tahun 2000-2002

Honda City generasi ketiga ini mendapatkan facelift pada tahun 2000. Saat itu, sedan ini mendapatkan “Tipe Z” di beberapa pasar. Pada tahun 2001, Honda City dibekali mesin 1.500 cc VTEC (VTI) dengan penstabil belakang untuk penanganan yang lebih baik. Model facelift ini mendapatkan lampu belakang ujung depan baru, serta bumper satu bagian.

Honda City generasi ketiga ini memiliki mesin SOHC seri D 16 katup dengan injeksi bahan bakar, yaitu variasi D13B dan D15B. D13B 1,3 L (1.343 cc) bertenaga 93 dk, dengan kecepatan maksimum 171 km/jam. Akselerasi 0–100 km/jam ditempuh dalam waktu 11,3 detik.

Honda City Generasi Keempat

4. Honda City Generasi Keempat (GD/GE) Tahun 2002-2008

Honda City generasi keempat melakukan debut dunianya di Bangkok International Motor Show pada November 2002. Dan ditawarkan dalam versi penggerak empat roda. Di Jepang, model ini memiliki nama Honda Fit Aria. Nama “Aria” adalah jenis melodi ekspresif, biasanya terdengar di opera. Honda memilih kata tersebut, melanjutkan tradisi penamaan musik yang digunakan dengan Honda Prelude, Honda Accord, Honda Ballade, Honda Quint, dan Honda Concerto.

Soal performa, Honda city generasi ini menggunakan mesin ‘i-DS’ bertenaga 87 dk yang diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang irit pada saat itu. Untuk versi VTEC diluncurkan menjelang akhir masa Honda City generasi ke-4 pada tahun 2004.

Varian VTEC dari Honda City ditawarkan dengan pelek 15 inci dan rem belakangnya menggunakan cakram. Selain itu, model VTEC menggunakan transmisi otomatis Multimatic CVT 7-percepatan.

Honda City Generasi Keempat (facelift)

4.1. Honda City Generasi Keempat Facelift Tahun 2005

Pada bulan September 2005, Honda City yang dipasarkan di Thailand mendapatkan penyegaran produk yang dikenal dengan Honda City ZX. Perubahan paling signifikan terlihat pada bagian ekterior, tepatnya gril depan baru, lampu depan, lampu kabut, lampu belakang, dan bumper.

Ujung depan diperpanjang ke depan sebesar 65 mm sementara bagian belakang diperpanjang sebesar 15 mm. Kaca spion samping dapat dilipat secara elektronik. Baik level trim i-DSI dan VTEC memiliki pelek 15 inci sebagai perlengkapan standar. Interiornya mengalami perubahan kecil, termasuk sandaran tangan untuk pengemudi dan lampu peta tambahan.

Baca juga: Profil - All New Honda City

Honda City Generasi Kelima

5. Honda City Generasi Kelima (GM2/3) Tahun 2008-2013

Sama seperti model sebelumnya, generasi kelima Honda City diperkenalkan di Bangkok, Thailand pada September 2008 diikuti dengan peluncuran di India, Pakistan, Malaysia, Indonesia, Filipina, Singapura dan Tiongkok.

Bergantung pada kondisi pasar, Honda City tersedia dalam berbagai level mesin dan spesifikasi. Umumnya di pasar Asia, model hadir dalam tiga varian – model S, V dan SV. Di beberapa pasar, varian V dan SV digantikan oleh E. Untuk Amerika Selatan, jajarannya mencakup model DX, LX, EX, dan EXL.

Soal performa, Honda City dibekali beberapa mesin, yakni 1.300 cc bertenaga 98 dk dan mesin 1.500 cc bertenaga 119 dk. Kedua mesin tersebut ditawarkan dalam dua pilihan transmisi manual dan otomatis.

Honda City Generasi Kelima (facelift)

5. Honda City Generasi Kelima Facelift Tahun 2011

Pada bulan September 2011, Honda City generasi kelima mendapatkan penyegaran, dengan desain gril depan baru, bumper depan dan belakang, desain lampu belakang , pelek, indikator eco driving, dan airbag depan ganda untuk setiap model. Dari segi performa tidak ada ubahan, tetap menggunakan mesin yang sama.

Honda City Generasi Keenam

6. Honda City Generasi Keenam (GM4/5/6/9) Tahun 2014

Diluncurkan di India, Honda City generasi keenam adalah model kedua Honda yang menggabungkan desain “Exciting H” baru yang pertama kali digunakan pada Fit/Jazz generasi ketiga yang diluncurkan pada September 2013.

Pada generasi ini, Honda City varian tertinggi memiliki fitur premium dan baru, seperti kontrol iklim otomatis panel sentuh, ventilasi AC belakang, layar LCD 5 inci dengan navigasi, audio Bluetooth, kamera mundur, delapan speaker, dan empat power outlet.

Berdasarkan filosofi “Exciting H-Design” baru dari Honda, sedan ini memberikan tampilan yang lebih menyegarkan dan premium dari pendahulunya. Tinggi keseluruhan bertambah 10 mm, sementara dimensi lainnya tetap sama.

Soal performa, Honda City dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc berkode L15Z1 I4. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 5-speed manual, 6-speed manual, 7-speed DCT dan CVT.

Baca juga: All New Honda City Dan All New Honda Civic RS Sudah Bisa Dipesan, Ini Harganya

Honda City Generasi Ketujuh

7. Honda City Generasi Ketujuh (GN) Tahun 2019

Honda City generasi ketujuh diresmikan di Bangkok, Thailand pada 25 November 2019. Mobil ini berbagi platform dengan Fit/Jazz generasi keempat.

Di Thailand, Honda City generasi ketujuh didukung oleh mesin bensin 1.0 liter VTEC Turbo yang dikawinkan dengan CVT. Mesin yang lebih kecil dan output emisi rendah menjadikannya Honda City pertama yang memenuhi syarat insentif pajak Mobil Ramah Lingkungan. Generasi ini tersedia dalam empat level trim: S, V, SV dan RS.

Baca juga: Modifikasi Honda City Hatchback RS, Tampil Lebih Artistik Di IMX 2021

Honda City Hatchback RS 2021

8. Honda City Hatchback RS Tahun 2021

PT Honda Prospect Motor resmi meluncurkan Honda City Hatchback RS untuk pertama kalinya di Indonesia (03/03/21).

Khusus pasar Indonesia, Honda City Hatchback RS punya 2 pilihan transmisi yakni CVT & 6 percepatan manual. Mesinnya menggunakan 4 silinder segaris 1.500 cc DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW yang membuat performanya mencapai 119,3 dk pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm yang diklaim lulus uji EURO 4.

Harga yang ditawarkan untuk Honda City Hatchback RS adalah Rp 289 juta untuk transmisi manual 6 percepatan dan Rp 299 juta untuk transmisi CVT (OTR Jakarta).

All New Honda City 2021

9. All New Honda City Tahun 2021

All New Honda City baru saja diperkenalkan oleh Honda Prospect Motor secara virtual, Kamis (28/10/2021). Generasi kelima dari sedan terpopuler Honda ini hadir dengan desain yang semakin elegan, serta fitur-fitur canggih yang diklaim pertama di kelasnya.

All New Honda City dibekali mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang telah diperbaharui, mampu menghasilkan tenaga untuk menghasilkan tenaga maksimum sebesar 119 daya kuda di 6600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Didukung dengan sistem transmisi CVT baru sehingga lebih bertenaga.

Mobil seharga Rp 355 juta ini dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti G-CON + ACETM, Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), 6 Airbags, Brake Override System, Seatbelt Reminder dan ISOFIX & Tether.