Impresi Rakata NX3: Tampilan Mirip Yamaha Nmax, Tarikan Awal Bikin Kaget!

Impresi Rakata NX3: Tampilan Mirip Yamaha Nmax, Tarikan Awal Bikin Kaget! Skutik listrik Rakata NX3 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Motor lsitrik Rakata NX3 yang memiliki tampilan mirip Yamaha Nmax generasi pertama mencuri perhatian di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Tanpa perlu basa-basi, Kabaroto mengunjungi area test ride indoor yang ada di Hall B3 dan C3 untuk mencoba skutik listrik yang dibanderol Rp 41,1 juta on the road (OTR) Jadetabek.

Bagian samping mirip Yamaha Nmax

Kesan pertama pada Rakata NX3, desainnya sangat mirip dengan Yamaha Nmax. Bagian depannya terlihat sporti dengan bentuk lampu utama agresif, tebeng angin besar, bagian dalam hitam dan winsdshield bening. Bentuk lampu sein depan juga mengingatkan Nmax generasi pertama.

Bagian belakang terdapat lampu LED yang desain berbentuk trapesium. Sementara itu, panel instrumen layar LCD untuk indikator kecepatan dan kapasitas baterai.

Baca Juga : Profil Rakata NX8, Motor Listrik Bergaya Naked Neo-Retro

Panel instrumen layar LCD untuk indikator kecepatan dan kapasitas baterai

Rakata NX3 memiliki panjang 1.930 mm, lebar 800 mm dan tinggi 1.320 mm. Bandingkan dengan dimensi Yamaha Nmax generasi pertama, yakni 1.955 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.115 mm. Tidak jauh berbeda kan, Sob?

Benar saja, saat posisi duduk di jok rasanya seperti ada di atas Yamaha Nmax. Hanya saja Rakata NX3 menggunakan ban tubeless 12 inci, lebih kecil dibandingkan Nmax yang menggunakan ukuran 13 inci.

Posisi berkendara saat kedua tangan memegang setang mirip dengan Nmax, posisi kaki bisa menekuk dan selonjoran.

Baca Juga : Profil - Electro EL02, Motor Listrik Buatan Anak Bangsa

Lampu belakang LED

Impresi Berkendara Rakata NX3

Saat mulai melaju dengan motor listrik ini, pengendara harus menyesuaikan terhadap buka tutup gas. Di mana, respon gas di tarikan awal terasa telat, kami perlu membuka gas lebih dalam untuk membuat skutik ini melaju. Perlu menjadi perhatian, jika Sobat Kabaroto baru pertama kali mengendarai motor listrik, jangan membuka gas secara spontan.

Sebagai informasri, Rakata NX3 mempunyai tiga mode berkendara yang setiap mode dibatasi kecepatannya. Saat mencoba mode berkendara nomor tiga, tarikannya terasa lebih liar atau cepat.

Rakata NX3 juga memiliki fitur "Reverse" untuk mundur. Cara kerjanya melalui tombol "R" di bagian pangkal setang kanan tinggal dipencet sambil digas, dan motor akan mundur.

Spesifikasi Rakata NX3 menggunakan baterai Removeable Lithium Ion berdaya 72V26Ah. Daya tersebut disalurkan ke dinamo 2.000W BLDC yang membuat motor listrik ini mencapai kecepatan 80 kpj dan menempuh 80 km sekali pengisian daya secara penuh.