POPULAR STORIES

Impresi Singkat Seres E1, Mobil Listrik Rp 100 Jutaan

Impresi Singkat Seres E1, Mobil Listrik Rp 100 Jutaan Seres E1 di GIIAS 2023 (KabarOto)

KabarOto.com - Resmi meluncurkan Seres E1 di GIIAS 2023, PT Sokonindo Automobile menyediakan unit test drive bagi pengunjung pameran selama 10 hari. Melihat peluang ini, KabarOto memiliki kesempatan untuk mencoba mengendarai mobil seharga Rp189 juta tersebut.

Meski terasa singkat, mobil pabrikan otomotif Tiongkok ini mampu memberikan kesan bagi pengemudi. Bentuknya yang mungil tak membuat pengemudi kesulitan saat harus melajukan kendaraan di jalur yang telah di sediakan.

Baca Juga : Dijual Rp180 Jutaan, Seres E1 Jadi Perhatian Pengunjung GIIAS 2023

Tak memiliki suara, pengemudi hanya perlu menyalakan kendaraan dengan menekan tombol start/stop engine di bagian kanan kemudi. Seperti mengendarai mobil dengan transmisi automatic, tak ada kesulitan berarti yang dihadapi ketika harus memindahkan tuas dari N menuju D atau S.

Bagian dalam kendaraan juga cukup unik karena tersedia instrumen cluster full digital berukuran 7 inci, head unit berukuran 8,8 inci (untuk varian Type L), kontrol AC dengan panel sentuh, dan desain e-Shift Selector.

Akselerasinya juga cukup mumpuni karena motor penggerak mampu menghasilkan tenaga hingga 25 kW dan torsi di 100 Nm. Tersedia juga baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh dan jarak tempuh maksimal 180 kilometer.

Berkapasitas 4 penumpang dewasa, mobil ini juga mampu melaju cukup responsif di jalan perkotaan. Adanya jok ergonomis dan headrest lengkap dengan lubang udara menambah kesan nyaman ketika berkendara.

Tak hanya jalan biasa, pengemudi juga bisa merasakan sensasi berkendara di genangan air. Hal ini sejalan dengan kondisi lalu lintas perkotaan usai hujan melanda.

Meski demikian, pengemudi perlu mengetahui batas minimal air sebelum melajukan kendaraan, yakni setengah dari ban yang disematkan.

Baca Juga : Profil Seres E1, Mobil Listrik Murah Rp 180 Jutaan

Meski demikian, pengemudi tak perlu khawatir tentang keamanan baterai,karena mobil telah dilengkapi dengan fitur Collision Power Failure Protection, Battery System Thermal Management, Charging Port Cover Reminder, dan High Voltage Safety Monitoring.

Baterai yang disematkan juga sudah lulus Sertifikat IP67, sehingga penumpang tidak perlu khawatir tersetrum atau rusak saat melewati genangan air.

Secara dimensi, Seres E1 memiliki panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm dan tinggi 1.640 mm. Sedangkan jarak umbu roda 1.960 mm, serta ground clearance 135 mm. Ukurannya yang compact memudahkan pengemudi saat harus memarkirkan kendaraan di lahan terbatas.

Secara keseluruhan, mobil ini cukup mumpuni saat harus dikendarai di jalan perkotaan karena mudah dikendarai dan memiliki dimensi mungil.