POPULAR STORIES

Indonesia Jadi Negara Potensial Untuk Pasar Kendaraan Listrik

Indonesia Jadi Negara Potensial untuk Pasar Kendaraan Listrik Mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia

KabarOto.com - Industri kendaraan listrik sangat potensial bagi Indonesia. Berdasarkan kajian dari Konsultan World economic Forum, Indonesia akan menjadi pemain utama yang sangat dperhitingkan di global, baik untuk kendaraan biofuel yang berkelanjutan sampai tak terbatas, dan juga Electric Vehicle atau listrik.

"Indonesia memiliki keunggulan di sektor sumber daya alam, yang juga memiliki basis pasar yang luas," terang Putu Juli Ardika, Direktur Jenderal Industri, Maritim, Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian.

Baca Juga: Dukung Kendaraan Listrik Di Indonesia, Toyota Astra Motor Luncurkan Prius PHEV

Kendaraan listrik di Indonesia dari 1000 penduduk yang memiliki kendaraan roda 4 listrik baru 87 orang. Di Brunei Darussalam, dia mencontohkan tiap 1.000 orang 700 lebih yang membeli, Thailand 800 lebih dan Malaysia 200 orang tiap seribu penduduknya. "Indonesia menjadi pasar pengembangan dan juga ekspor," terang dia.

Agen Pemegang Merek kendaraan bermotor sudah siap jual mobil listrik

Sebelumnya menurut dia, tahun 2012 sumber daya manusia Indonesia sudah banyak belajar tentang kendaran listrik. Dia menceritakan, dulu ada mobil listrik Indonesia (Molina). Penugasan diberikan kepada perguran tinggi UI, ITS dan ITB untuk mengembangkan kendaraan listrik.

"Kita sudah memiliki sumber daya manusia yang paten dan dasar teknologi yang kuat," terang Putu dalam diskusi virtual dengan jurnalis, Selasa (28/7).

Selain sebagai pengguna, Indonesia juga akan memiliki pabrik baterai yang menjadi penggerak kendaraan listrik. "Indonesia memiliki kandungan metalurgi untuk nikel baterai ini, sudah banyak investor yang akan masuk," terang Putu.

Dia menggambarkan, investasi yang diperlukan dari sisi pertambangan, sudah ada di Morowali, Konawe, Wedabae, dan akan menjadi kawasan industri yang berkembang.

Baterai mobil listrik

"Selain itu investasi bahan-bahan dasar baterai yang ada di Indonesia ini sangat banyak," tambahnya. Jadi Indonesia memiliki pondasi kuat untuk mengembangkan baterai yang merupakan komponen untuk kendaraan listrik.

Baca Juga: Pemprov DKI Bebaskan Pajak BBN-KB Kendaraan Listrik

Potensi Indonesia yang terbesar didukung dengan sumber daya listrik yang dapat membarui, dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), di Sumatera Utara 4 Giga watt, Kalimantan Utara ada sekitar 16 giga Watt Sulawesi 4-6 giga Watt, masih banyak tempat lainnya yang bisa dikembangkan. "Kesempatan banyak untuk pengembangan listrik dari yang terbarukan," terang Putu.