POPULAR STORIES

Ingin Beli BMW X1 E84? Siap-Siap Rutin Ganti Part Ini

Ingin Beli BMW X1 E84? Siap-Siap Rutin Ganti Part Ini BMW X1 eE84 (Dok: Deddy/KabarOto)

KabarOto.com – Pesona BMW X1 E84 memang menarik. Gaya SUV Eropa ini tidak ketinggalan zaman. Fiturnya pun cukup mewah di antara gempuran mobil baru seperti sekarang. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau, di bawah Rp 300 jutaan.

Namun, sebelum Sobat KabarOto meminang sebuah BMW X1 E84, ada part yang kabarnya harus rajin diganti nih Sob.

Selain oli mesin dan oli transmisi, terdapat part di BMW X1 E84 yang harus diganti yakni oil cooler. Karena part tersebut rentan bocor akibat korosi.

Baca Juga : Aman, BMW X1 Dapat Bintang 5 Euro NCAP

“Itu harus diganti setiap 40.000 km gitu deh. Karena di bagian tengah ada pembatas antara oli dan air radiator itu sering keropos dan tercampur kalau tidak diganti,” jelas Gilang selaku punggawa Karunia Panca Selaras.

Masalah akan besar jika oli dan air sudah tercampur. Karena, jika air sudah masuk ke mesin dan transmisi, mau tidak mau pemilik wajib turun transmisi matic karena nanti plat koplingnya rusak. Hal ini ditemukan juga di Seri 3 yang lama seperti E46 318i.

Ilustrasi Oil Cooler mesin (kiri) dan transmisi (kanan). Dok : Alibaba

"Kalau tercampurnya di mesin dilihat dulu apakah tercampurnya masih di tabung radiator, atau mesin. Kalau masih ditabung bisa dikuras sampai olinya bersih, tapi jika sudah masuk mesin itu harus turun juga,” jelas pria ramah itu.

Baca Juga : Review Mobil Bekas: BMW X5 E53 2003

Harga oil cooler ini sebenarnya tidak terlalu mahal, sekitar Rp 2 jutaan. Namun untuk biaya turun mesin atau transmisi bisa mencapai Rp 15-25 jutaan, tergantung jenis mobilnya.