Ingin Jual Mobil Ke Showroom Mobkas? Ini Tipsnya Agar Harga Tak Jatuh

Ingin Jual Mobil ke Showroom Mobkas? Ini Tipsnya Agar Harga Tak Jatuh Perhatikan performa mesin mobkas dengan servis rutin (foto: sari)

Bagi anda yang berniat untuk menjual mobil dengan pertimbangan tertentu seperti ingin ganti model mobil terbaru atau yang kapasitasnya lebih besar, membutuhkan dana cepat atau lainnya bisa melalui berbagai cara seperti memajang tulisan “For Sale” atau “DIJUAL” di mobil Anda, mempromosikannya melalui internet atau media cetak, menawarkan ke kalangan komunitas mobil atau klub mobil tertentu, mengikuti pameran mobkas hingga menjual ke showroom mobil.

Nah, jika Anda ingin menjual mobil bekas ke showroom mobil bekas, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar harga jual mobil anda tidak jatuh.

Menurut Azis, mekanik Rafael Auto yang berlokasi di Pusat Otomotif Sentra Harapan Indah Bekasi, pihak showroom saat membeli mobil bekas dari pemiliknya mempertimbangkan beberapa faktor sbb.:

  • Melihat performa mesinnya. Mesin mobil anda harus sehat dan normal, tidak pernah dibongkar, selalu servis rutin dan pihak showroom akan memperhatikan kilometer. Batasan kilometer dalam jangka waktu 1 tahun maksimal perjalanan 30 km dan lebih dari itu akan tercatat mobil aktif yang akan mempengaruhi kinerja mesin.
  • Body mobil tidak ada bekas luka seperti lecet atau penyok. Biasanya pihak showroom memiliki bengkel rekanan untuk memperbaiki body mobil bekas sebelum siap dijual kembali. Pihak showroom lebih menyukai kondisi interior mobil orisinil dan bersih sehingga harganya akan lebih tinggi. Jika interior mobil seperti jok sudah diganti dan jok orisinilnya sudah dilepas akan mempengaruhi harga mobil yang dijual ke pihak showroom. Sebaiknya gunakan sarung mobil yang tidak paten.
  • Begitu juga untuk interior lain masih standar pabrik seperti tidak ada cat ulang. Supaya tidak jatuh sekali harganya, usahakan untuk body mobil kalau hanya luka baret jangan dulu di cat, walaupun hanya baret- baret halus. Pihak showroom akan menanyakan apakah mobil tersebut pernah dicat ulang dan penyebabnya.

Sebelum dipajang di showroom, mobkas tersebut akan dimasukkan ke salon mobil dan dipoles supaya kinclong seperti mobil baru. Pihak showroom pun siap menyediakan mobkas yang kondisinya seperti mobil baru. Bro n sist yang menjual mobil di showroom dengan kondisi orisinil dan terawat selisih harganya sekitar Rp 5-10 juta dibandingkan jika kondisi sudah modifikasi dan sudah pernah cat ulang.