Ini 5 Cairan Mobil Yang Perlu Dicek Rutin

Ini 5 Cairan Mobil yang Perlu Dicek Rutin  Air wiper, sepele namun vital jika habis (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Jika punya mobil, berarti Anda wajib secara berkala cek rutin atau service ke bengkel. Para pemilik mobil juga ada baiknya mengetahui beberapa bagian mana yang harus dicek secara rutin. Tak terkecuali ada lima cairan pada mobil yang harus dicek seperti yang diutarakan David Lesmana dari Dunia Usaha Motor BSD, Tangerang Selatan.

Lantas cairan apa saja yang wajib secara rutin dilakukan pengecekan?

1. Minyak Rem

Tahukah Anda bahwa minyak rem mampu menyerap kelembapan. Hal tersebut membuatnya memiliki jangka waktu pemakaian. Umumnya, minyak rem pada mobil mampu bertahan hingga sekitar 3 tahun.

Namun, sayangnya, ternyata masih cukup banyak pemilik mobil yang tidak pernah mengganti minyak rem mereka. Padahal, minyak rem merupakan salah satu bagian dari sistem tertutup mobil dan tidak seharusnya habis.

Minyak rem inilah yang membantu Anda untuk menyesuaikan penggunakan rem pada mobil. Apabila ketika dicek ternyata minyak rem Anda memiliki kadar yang rendah, artinya mobil Anda mengalami masalah.

2. Oli Gardan

Sesuai namanya, oli satu ini terletak di bagian gardan atau bagian bawah mobil. Biasanya, penggantian oli gardan dilakukan bersamaan dengan oli transmisi, yakni setelah 10.000-20.000 km atau 2-3 kali penggantian oli mesin.

Hal penting yang harus Anda perhatikan saat mengganti oli gardan adalah kekentalannya. Oleh sebab itu, Anda wajib menyesuaikan oli gardan dengan yang dianjurkan oleh pihak produsen mobil Anda.

Baca Juga: Tips Rawat Oli Gardan Motor Matik