POPULAR STORIES

Ini Alasan Balapan MotoGP Mandalika Berlangsung Selama 27 Lap

Ini Alasan Balapan MotoGP Mandalika Berlangsung Selama 27 Lap Sirkuit Mandalika (Foto: istimewa)

KabarOto.com - MotoGP Mandalika 2022 di Lombok, Indonesia, akan digelar pada 18-20 Maret mendatang. Ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini akan berlangsung sebanyak 27 putaran dan menempuh jarak total mencapairatusan kilometer.

Jumlah 27 lap di Sirkuit Mandalika ini, sama dengan balapan di beberapa lokasi lain, seperti Sirkuit Ricardo Tormo, Sirkuit Phillip Island, Sirkuit Le Mans Bugatti dan Sirkuit Misano.

Baca juga: Demi Keselamatan MotoGP 2022, Komisi Grand Prix Ubah Aturan Bendera Dan Teknis

Marc Marquez saat menjajal Sirkuit Mandalika


Sebagai informasi saja, Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer. Dan, sesuai dengan regulasi FIM, balapan MotoGP berlangsung selama 40-45 menit, dengan jarak tempuh 100-130 kilomter. Dengan begitu, untuk balapan seri kedua di Sirkuit Mandalika akan menempuh jarak 113 kilometer.

Sebagai informasi, Sirkuit Ricardo Tormo, Sirkuit Phillip Island, Sirkuit Le Mans Bugatti dan Sirkuit Misano juga memiliki panjang sekitar 4 kilometer. Sehingga, balapan MotoGP di sirkuit tersebut menempuh 27 putaran.

Baca juga: Selain Mandalika Untuk MotoGP, Indonesia Bakal Punya Sirkuit F1

Presiden Jokowi saat melihat kondisi Sirkuit Mandalika

Hingga saat ini catatan waktu Sirkuit Mandalika dengan lintasan lainnya juga tidak berbeda jauh. Sebagai contoh, waktu terbaik di Sirkuit Mandalika dibuat oleh pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro, yang mencatatkan 1 menit 31,060 detik.

Sementara di Sirkuit Ricardo Tormo, waktu terbaik dipegang oleh Francesco Bagnaia dengan catatan waktu 1 menit 31,042 detik. Bagnaia menjadi yang tercepat di Sirkuit Misano. Dirinya mencatatkan waktu 1 menit 32,171 detik.

Balapan MotoGP Mandalika 2022 dengan 27 putaran akan sangat panjang dan berbagai kemungkinan bisa terjadi. Cuaca yang panas terik, akan menjadi tantangan tersendiri bagi pembalap MotoGP.