POPULAR STORIES

Ini Alasan Hino Tidak Mau Buru-buru Hadirkan EV

Ini Alasan Hino Tidak Mau Buru-buru Hadirkan EV Foto : KabarOto.com / Hino Motors.

KabarOto.com - Hino memang memiliki berbagai jenis truk dan bus. Namun memang sebenarnya di luar Indonesia Hino punya berbagai model terutama EV dan lainnya, tapi Hino Indonesia tegaskan bahwa hal itu tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

Alasan utama Hino belum mau memasukan bus atau truk EV, karena infrastruktur belum memadai di Indonesia terutama untuk perjalanan jauh, kecuali untuk bus dengan rute pendek seperti Transjakarta yang tidak terlalu jauh.

"EV itu kan butuh infrastruktur yang memadai kecuali kalau bus Transjakarta itu kan di berputar di situ-situ saja, tapi kalau misalnya saya dari Jakarta ke Surabaya isi dayanya di mana?,” ujar Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).

Baca Juga : Hino Resmikan Fasilitas KIR Di GIICOMVEC 2024

Selain itu masalah sparepart juga turut menghambat masuknya EV Hino ke Indonesia. Kalau memang unitnya diproduksi massal dan banyak, Hino pasti akan menyediakan sparepart lengkap.

Namun kalau kuota unit tidak terlalu banyak, sedangkan sparepart Hino pun harus menyediakannya secara lengkap, selama 10 tahun lamanya, itu jadi masalah yang tidak efektif menurut Hino.

Baca Juga : Truk Dan Bus DCVI Bisa Dibekali Telematics Dan Fleet Management System

“Untuk memasukkan mobil ke Indonesia kita harus menyediakan sparepart. Tapi kalau unitnya sedikit, kita juga harus sediakan sparepart dan layanan garansi selama 10 tahun, itu jadi tidak efektif,” Chief Operating Officer Hino Motors Sales Indonesia Santiko Wardoyo.