Ini Alasan Wuling Formo Punya Harga Yang 'Unik'

Ini Alasan Wuling Formo Punya Harga Yang 'Unik' Wuling Formo (KO/Edo)

KabarOto.com - Wuling Motors semakin memantapkan langkah mereka di Indonesia, yang kali ini dilakukan dengan menambah jajaran produk teranyar mereka untuk bermain di segmen kendaraan niaga atau light commercial vehicle, Wuling Formo.

Wuling Formo ditawarkan dalam tiga model yakni Blind Van, Minibus 7-seater dan 8-seater. Namun uniknya, untuk urusan harga, Formo Blind Van dan Minibus 8-seater dipasarkan dengan harga yang sama yakni Rp135,8 juta. Padahal versi Minibus menggunakan kursi yang lebih banyak dibanding model Blind Van, yang hanya tersedia dua kursi di depan.

Interior Forma blindvan

Keunikan harga juga terjadi untuk varian minibus 7-seater-nya, yang justru dibanderol lebih mahal 1 juta, yakni Rp 136,8 juta. Bila dilihat sekilas, rasanya tidak ada perbedaan yang signifikan pada Wuling Formo 7-seater dan 8-seater. Beda diantara keduanya, hanya ada tambahan satu kursi kecil di baris kedua 8-seater.

Baca juga: Wuling Formo: Kendaraan Komersial Pertama Wuling Dengan Banderol Kompetitif

Namun, mengapa varian 7-seater dijual lebih mahal? Menurut Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors, tersebut merupakan strategi dari pihaknya. "Ada strategi pricing (penentuan harga). Ada beberapa hal yang memang menjadi strategi," jelasnya.

Forma 8 seater dengan kursi kecil di baris ke dua

Lebih lanjut Dian mengatakan, bahwa Wuling menggunakan kursi kecil pada baris kedua Forma adalah untuk mempermudah akses keluar masuk kabin. "Segmen Formo ini memang beda dengan MPV (multi purpose vehicle)," ucapnya.

Diawal peluncurannya, Formo memang ditujukan sebagai kendaraan komersial untuk kendaraan pengangkut barang (blind van) dan bisnis taksi online (minibus). Meski untuk kendaraan komersial, namun Formo tetap dilengkapi dengan beberapa peranti kenyamanan, sebut saja pendingin udara (AC) dan power window.

Baca Juga: Profil - Jeep Compass Longitude

Mobil komersial yang mengusung tagline ‘Bikin Usaha Makin Nyaman’ ini didukung mesin bensin berkonfigurasi 4-silinder, 1.200 cc yang memiliki tenaga maksimal 77 dk pada 5,600 rpm dan torsi sebesar 110 Nm di rentang 3,600 – 4,600 rpm. Tenaga tersebut dikirim ke roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan. Sehingga Wuling Formo diklaim mampu membawa penumpang atau barang dengan optimal.

Wuling Formo tersedia dua pilihan yakni pristine white dan starry black.