Ini Arti Huruf & Angka Di Transmisi Matik

Ini Arti Huruf & Angka di Transmisi Matik Mobil transmisi otomatis lebih sering dipilih karena praktis dalam penggunaannya (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Tak bisa dipungkiri, kendaraan dengan transmisi otomatis semakin diminati oleh konsumen, khususnya di perkotaan dengan kondisi lalu lintas yang sering macet. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan Sobat KabarOto mengenal arti dan kegunaan huruf serta angka pada persneling jenis ini.

Pasalnya, ada beberapa kejadian dimana mobil dengan transmisi matik terjun dari atas gedung parkir atau menyelonong di jalan dan menabrak kendaraan lain.

Kejadian tersebut, salah satunya karena kelalaian pengemudi, yang belum paham tentang mekanisme tuas transmisi pada mobil otomatis. Mobil transmisi otomatis lebih sering dipilih karena praktis dalam penggunaannya, Sobat KabarOto hanya perlu mengendalikan mobil dengan cara menggerakkan tuas percepatan ke posisi tertentu.

Posisi tuas umumnya disusun berdasarkan format P-R-N-D-3-2-L. lalu mesin pada mobil jenis ini biasanya juga dihidupkan ketika tuas pada posisi P (parkir) ataupun N (netral) saja.

Agus Ibnu Fajar dari bengkel Berkah Jaya Abadi, Tangerang Selatan akan membantu Anda memahami arti dan fungsi pada transmisi otomatis. Bukan hanya itu, setelah memahami anda diharuskan mempergunakan simbol tersebut sesuai fungsinya.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Membuat Motor Matic Cepat Rusak