Ini Budget Modif Mini Cooper Clubman R55 Milik Gofar Hilman

Ini Budget Modif Mini Cooper Clubman R55 Milik Gofar Hilman

KabarOto.com – Mobil bisa menjadi salah satu media penyalur hobi yang cukup positif bagi sebagian besar orang, salah satunya adalah penyiar radio yang terkenal satu ini, Gofar Hilman. Ia juga memiliki ketertarikan yang tinggi soal dunia otomotif khususnya mobil. Gofar juga mempunyai beberapa mobil sebagai koleksinya.

Namun uniknya, mobil yang ia miliki bukanlah mobil biasa, melainkan mobil cukup tua ataupun jarang terlihat dijalan. Contohnya saja ia pernah memiliki BMW E46, BMW E90 LCI, VW Golf Mk.1, Honda HR-V Gen 1, Nissan Serena, BMW E39 Touring, dan Mini Cooper Clubman R55.

Baca juga: Ini Jadinya Kalau Mini Rover Dijejali Mesin Turbo

Tak jarang juga Gofar membiarkan mobilnya dalam keadaan standar, contohnya adalah video tentang Mini Clubman R55 miliknya, yang ia buat beberapa waktu lalu soal total biaya yang dihabiskan demi membuat mobilnya tampak keren. Pria berambut klimis ini memang tidak sekadar memodifikasi saja, melainkan juga merestorasi mobil kesayangannya tersebut.

Yang pertama ia beli untuk mendandani mobilnya tersebut adalah cover aki baru, demi mengganti cover aki lama yang sudah getas termakan umur sekitar 10 tahun. Wajar saja, karena mobil ini sudah dari tahun 2008. Cover tersebut dibeli dengan harga Rp 4-5 juta. Untuk mempercantik tampilannya dari depan, dibagian gril terpasang cover motif Chequered Flag seharga Rp 910 ribu yang dipesan dari luar negeri, begitu pula dengan tambahan LED Daylight sepasang dengan harga Rp 1,3 juta, lengkap cover lampu seharga Rp 700 ribu.

Baca juga: Deretan Mobil Mewah Milik Hotman Paris Hutapea

Lalu agar terlihat lebih sporti, Gofar juga men-delete krom dengan sticker hitam glossy. Lanjut ke sisi samping, agar terlihat kesan mobil wagon, ia turut menambahkan roof rail asli Mini Cooper dengan harga Rp 6 juta.

Untuk bagian sunroofnya, agar terlihat senada dengan cover Chequered Flag, ditempelkan lah sun shade yang dipesan dari luar negeri dengan harga Rp 490 ribu. Demi melengkapi motif papan catur tersebut, bagian spion, side marker, handle pintu, dan cover tangki dipasangkan cover senada yang dipesan dengan harga Rp 3 juta untuk cover spion, side marker Rp 1,3 juta, cover tangki Rp 420 dan Rp 1,2 juta untuk cover handle.

Lalu Gofar juga sempat mengecat bodi dengan meng-custom atap, lis kaca, bodi belakang sekitar Rp 10 juta. Untuk bagian kaki-kaki, Gofar memilih pelek Jepang yaitu Rays TE37 17 inci seharga Rp 25 juta, dan kondisi yang didapat perlu di restorasi terlebih dahulu yang menghabiskan dan sekitar Rp 1 juta, lalu agar lebih terlihat baru, dipasangkan sticker Rays asli sekitar Rp 1 juta / set.

Tidak tanggung-tanggung ban yang digunakan juga asal Jepang, ADVAN Neova ukuran 215/45 R17 yang harganya mencapai kisaran Rp 2 juta / ban. Lalu sebagi pemanis, dan pelindung, ada Mud guard khusus R55 seharga Rp 420 ribu.

Baca juga: Ini Deretan Mobil Mewah Peliharaan Reino Barack Yang Jadi Suami Syahrini

Lengkapnya lagi terdapat BBK atau Big Brake Kit dari AP Racing ukuran 330 mm seharga Rp 30 juta. Agar mobil bisa berjalan stabil dan nyaman, bagian suspensi dipercayakan coilover Yellow Speed Racing dengan bandrol Rp 13 juta. Masuk kedalam kabin, kesan kaca berwarna biru bisa kita temui akibat memasangkan kaca film Vision Superior 20 dengan harga Rp 3 juta-an.

Warna serupa juga diikuti oleh jok dari Recaro, bertipe SR11 dengan harga Rp 40 jutaan, termasuk custom rail, dan juga retrim ulang. Lalu sektor hiburan, dipercayakan pada Kenwood DDX9018S yang sudah bisa koneksi ke AppleCarplay dan juga Android Auto seharga Rp 8 jutaan.

Agar interior senada dengan bagian depannya, motif Chequered flag juga diaplikasikan pada sill plate, dan cover handle pintu dalam dengan Rp 490 ribu satu set. Sedikit restorasi juga dilakukan pada bagian pintu khas seperti lemarinya, karena motor pada pintu belakang rusak, dan tidak bisa terbuka dari luar, Gofar harus menggantinya dengan budget Rp 5 juta/1 set pintunya.

Dari sektor mesin, masih standar tidak ada ubahan apapun. Hanya ada penggantian pada exhaust system full custom, kisaran harga Rp 10 juta, dengan finishing muffler tip karbon agar terlihat lebih gahar seharga Rp 2,1 juta.

Kalau di total-total biaya modifikasinya saja sudah bisa beli mobil baru lagi loh, Sekut cuy! (Deddy Darmanto)

Spesifikasi:

Eksterior

  • Chequered Flag gril
  • Chequered Flag Cover spion
  • Chequered Flag Cover handle pintu
  • Chequered Flag cover handle pintu belakang
  • Chequered Flag sun shade
  • Chequered Flag cover sill plate handle pintu dalam
  • Custom cat by Sevenstar

Kaki-kaki

  • Rays TE37 17 Inci
  • Advan Neova 215/45 R17

Mesin

  • Knalpot custom
  • Muffler tip carbon

Interior

  • Recaro SR11 retrim
  • Kenwood DDX9018S