POPULAR STORIES

Ini Cara Memotret Objek Mobil Menggunakan Handphone

Ini Cara Memotret Objek Mobil Menggunakan Handphone Foto: Samsung Indonesia

KabatOto.com - Suka memotret mobil saat ada pameran? Ternyata bisa menggunakan handphone, dengan memaksimalkan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Jika anda memotret Mobil dan Model, di kondisi cahaya terang atau minim cahaya, bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia pada handphone.

Seperti saat menggunakan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G, menyediakan fitur modern untuk menangkap foto lebih epic berkat pro-grade camera yang dibekali dengan kekayaan fitur di dalamnya.

Baca juga: TDA Luxury Toys Luncurkan Kaca Film MotoShield Pro

Foto objek saat kondisi malam hari

Akan terasa mudah saat mengambil foto, pengguna memotret berbagai objek di pencahayaan rendah (low light) yang disebut Nightography. Termasuk, saat digunakan untuk memotret mobil.

”Fitur Nightography membuat pengguna bisa merekam foto dan video dengan jernih, minim noise, serta tajam, di kondisi cahaya rendah. Sehingga hasil foto dan videonya bak profesional,” ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Verry juga menambahkan, dengan perpaduan 2.4μm pixel sensor, kamera 108 MP, teknologi Nona-Binning, prosesor Snapdragon 8 gen 1 (4 Nm), hingga image signal processor (ISP) berbasis AI.

”Dalam cahaya redup, misalnya, lensa Galaxy S22 Ultra 5G otomatis beralih dari lensa 108MP ke high-sensitivity mode di lensa 12MP. Atau, menggunakan kedua mode tersebut secara bersamaan,” tambah Verry.

Berikut beberapa tips untuk digunakan memotret mobil berserta model di kondisi cahaya minim (low light):

1. Matikan flash

Pengguna Galaxy S22 Series 5G hanya perlu mengandalkan fitur Nightography yang akan memastikan bahwa foto dan video yang ditangkap di malam hari tampil begitu terang dan epic.

2. Night Mode

Berkat teknologi 12-bit HDR, dengan Night Mode maka Galaxy S22 Ultra 5G mampu mengumpulkan data warna 64x lebih banyak. Sehingga foto dan video terlihat lebih vivid, bahkan di kondisi backlight sekalipun.

Baca juga: Shoei X-SPR Pro Hadir Dengan Teknologi Dan Standar Baru

Night mode bisa digunakan saat kondisi backlight



3. Mode Portrait

Portrait Mode di Galaxy S22 Ultra 5G didukung dengan AI Stereo Depth Map. Gunanya untuk menampilkan subyek lebih baik dengan bokeh mumpuni, serta detail-detail terkecil yang tajam dan jernih dibantu oleh algoritma AI.

Risiko memotret dalam kondisi cahaya minim hanya dua yakni foto tidak fokus dan noise (bintik atau butiran warna yang mengganggu).

4. Manfaatkan Lensa Wide, Tele, Hingga Zoom

Manfaatkan juga kemampuan zoom dari sistem Dual Tele Zoom Galaxy S22 Ultra 5G yang bisa menghasilkan 3x hingga 10x optical zoom untuk membawa pengguna lebih dekat ke objek yang difoto. Bahkan, teknologi Super Resolution mampu menjangkau teknologi zoom hingga 100x dengan kualitas gambar yang tetap baik. Tipsnya, ambil foto sebanyak mungkin, manfaatkan momen yang tidak terulang.

5. Pro Mode

Dengan mode ini, bisa mengatur bukaan, ISO, hingga kecepatan shutter sesuai keinginan. Ingin gambar yang lebih terang dan detail, atau sedikit gelap namun dramatis.

6. Optical Image Stabilization

Fitur Optical Image Stabilization (OIS) menjaga hasil foto mobil dan model tetap fokus di kondisi pencahayaan rendah dan jernih. Sehingga, kamera bisa menangkap lebih banyak variasi arah datangnya cahaya.

7. Expert RAW

Tidak ada salahnya menggunakan format foto RAW (16 bit) untuk memotret. Memang file fotonya lebih besar. Tapi, pengguna bisa mendapat kontrol penuh dalam saat mengedit foto. Sebab, format foto RAW merekam lebih banyak data atau detil.

Baca juga: Ikut Kompetisi Hot Wheels Di Karawaci, Yuk! Begini Tata Caranya

Merekam video tanpankhawatir gambar goyang berkat Image Stabilization

8. Super Night Resolution

Jika ingin membuat video untuk TikTok atau Instagram Reels di kondisi low light, Super Night Resolution di Galaxy S22 Ultra 5G akan meningkatkan FPS dan shutter speed.

9. Multi Object Tracking

Selain itu, teknologi Multi Object Tracking yang didukung auto frame rate yang lebih besar, mampu mendeteksi hingga 10 orang dalam frame dengan fokus lebih cepat di kondisi low-light sekalipun. Dukungan sensor Laser AutoFocus (AF) dengan AI membuat fokus lebih cepat.

10. Menghilangkan Objek Mengganggu

Masuk ke editing foto, lalu sentuh Object Eraser, dan sentuh bagian yang ingin dihilangkan. Objek yang tidak diinginkan bisa dihilangkan dan foto menjadi epic.

Sebagai informasi, jika anda berminat terhadap Galaxy S22 Series 5G, bisa didapat dengan harga mulai Rp11.999.000 (S22 5G), Rp14.999.000 (S22+ 5G), dan Rp17.999.000 (S22 Ultra 5G).