POPULAR STORIES

Ini Cerita Pembalap F1 Memilih Nomor Balapnya (Bagian 1)

Ini Cerita Pembalap F1 Memilih Nomor Balapnya (Bagian 1) Dok : F1

KabarOto.com - Pada 2014 aturan diubah, para pembalap diizinkan untuk memilih nomor yang akan melekat pada mereka sepanjang karir F1 mereka. Jadi bagaimana dan mengapa setiap pengemudi memilih nomornya?

Max Verstappen – #1

Max Verstappen (Red Bull Racing) mengungkapkan bahwa sejatinya ia menginginkan nomor 3, tetapi pada saat itu rekan setimnya Daniel Ricciardo sudah menggunakannya, jadi dia menggunakan nomor 33 untuk menambah keberuntungan ganda.

Verstappen gunakan nomo 1.

“Berapa kali Anda mendapat kesempatan untuk mengganti nomor? Nomor 1 adalah nomor terbaik di luar sana, jadi bagi saya sangat mudah untuk memilih nomor tersebut, dan semoga nomor 33 tidak kembali tahun depan!” ujar Verstappen.

Sergio Perez – #11

Rekan setim Verstappen, Sergio Perez mengaku nomor 11 mengambil inspirasi dari nomor pemain sepak bola. “Dulu saya mengagumi seorang pemain sepak bola. Namanya Ivan Zamorano, dan dia punya nomor 11. Jadi ketika saya di karting, saya juga ingin punya nomor tersebut," papar Perez.

Nomor 16 Leclerc dari tanggal lahirnya.

Charles Leclerc – #16

Selanjutnya Charles Leclerc (Scuderia Ferrari), ia tidak mendapatkan nomor yang ia sukai, sehingga menggunakan nomor dari penjumlahan tanggal lahirnya. “Saya ingin nomor 7. Saya ingin nomor 10, tapi sudah ada yang menggunakannya. Akhirnya memilih nomor 16, karena 1 ditambah 6 sama dengan 7, dan saya lahir pada tanggal 16 Oktober. Jadi, bukan cerita yang sangat menarik," jelas Leclerc.

Carlos Sainz – #55

Mirip seperti rekan setimnya, Carlos Sainz tidak mendapat nomor favoritnya karena nomor 5 diambil Sebastian Vettel, jadi harus ganti.

“Kemudian saya keluar dengan permainan kata nama Sainz yang diubah jadi 5 plus nomor 5,” jelasnya.

Baca Juga : Begini Tampilan Mobil F1 Williams FW45

Lewis Hamilton – #44

Juara 7 kali Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) juga punya cerita menarik kenapa memilih angka 44.

“Ketika saya berusia 8 tahun, Ayah saya mendapatkan kart ini, membangunnya kembali, dan kami harus mengikuti balapan pertama kami dan ayah saya tidak tahu nomor apa yang harus digunakan. Ternyata di pelat nomor mobilnya ada tulisan F44,” kata Hamilton.

George Russell – #63

Selanjutnya Russell mengaku kalau nomor 63 yang digunakan adalah dedikasi ke saudara dan keluarganya.

“63 adalah nomor saudara laki-laki saya. Dia mulai bermain kart di pusat kart setempat, dan dia selalu menggunakan nomor 63, jadi itulah nomor keluarga sejak saat itu," ungkap Russell.

Esteban Ocon – #31

Ocon (Alpine) menggunakan nomor yang sudah menemaninya sejak kemenangan pertamanya di ajang balap.

"Pada tahun 2007, tahun itu ketika saya memenangkan kejuaraan, saya memiliki nomor 31. Ini masih merupakan tahun tersukses saya hingga saat ini. Itulah mengapa saya akan menggunakan nomor 31 selama sisa karir saya," kata Ocon.

Baca Juga : Valtteri Bottas Dan Guanyu Zhou Pamer Helm Baru

Pierre Gasly – #10

Pierre Gasly yang baru pindah ke Alpine, menggunakan nomor 10 dan alasanya mirip seperti Perez karena terinspirasi dari pemain bola.

“Saya membalap dengan nomor itu pada 2013 ketika saya menjadi juara Eropa Formula Renault. Saya adalah penggemar berat Zinedine Zidane, yang menjadi nomor 10 tim nasional Prancis," ujar Gasly.

Lando Norris – #4

Lando Norris (McLaren) punya nomor favorit namun keduanya telah diambil. Oleh karenanya 4 dipilih karena sesuai seperti logo inisial namanya.

“11 dan 31 seperti dua nomor saya yang saya miliki di Formula Renault, Formula 3, Formula 4, terutama karena sangat cocok dengan logo saya," papar Norris.

Oscar Piastri – #81

Selanjutnya pembalap baru McLaren, Oscar Piastri memilih angka 81 tidak sengaja, karena toko kart saat balapan pertamanya hanya punya stok tersebut.

“81 satu adalah angka yang saya miliki di karting. Ketika saya melakukan balapan pertama saya, saya harus memilih nomor untuk balapan pertama saya dan toko kart yang saya kunjungi hanya memiliki stok tersebut," kata Piastri.

Berita Terkait

Berita Terkait