Ini Daftar Mobil Polisi Keren Dan Unik Di Dunia

Ini Daftar Mobil Polisi Keren dan Unik di Dunia

KabarOto.com – Sudah menjadi tugas polisi untuk menghadirkan ketenangan dan menangkal tindak kejahatan. Nah, saat menegakkan hukum di jalan raya, polisi perlu dibekali mobil patroli khusus dengan performa yang mumpuni mengejar pelanggar lalu lintas.

Seiring perkembangannya zaman, tentu penjahat juga memakai mobil kencang. Oleh karena itu beberapa kepolisian di dunia menggunakan supercar nan unik agar bisa menyelesaikan tugasnya. Kali ini KabarOto akan membuatkan daftar mobil polisi kencang dan unik di dunia.

Baca Juga : Hati-Hati, Ac Schnitzer BMW M850i Siap Bantu Polisi Jerman

Bugatti Veyron – Dubai

Dubai, merupakan kota yang sangat terkenal karena mayoritas penduduknya super kaya dan memiliki supercar. Tentunya, pemilik supercar tersebut sangat tergoda untuk mencoba perfoma kendaraannya di jalan raya. Mengimbangi para pelanggar lalu lintas, pihak kepolisian Dubai memperkuat unitnya dengan supercar dan hypercar, salah satunya Bugatti Veyron.

Bagi pemerhati petrol head, Bugatti Veyron, salah satu supercar tercepat yang memiliki rekor kecepatan 415 kpj, menjadi salah satu mobil polisi tercepat di dunia. Dengan mesin W16 quad-turbocharged berkapasitas 8.000 cc mampu menghasilkan tenaga hingga 1.000 dk dengan torsi 1.250 Nm. Melalui performa tersebut, Veyron dapat melaju 0-100 dalam waktu 2,5 detik dengan kecepatan maksimal 415 kpj.

BMW i8 – Jerman

Memperkuat armada kepolisian Jerman, tentunya perlu memakai mobil baru dengan emisi gas buang lebih kecil. Hal ini harus dilakukan karena negara Eropa sangat ketat dalam peraturan emisi gas buang kendaraan. Oleh karena itu, pada tahun 2018 mobil polisi konsep BMW i8 hasil karya rumah tuning AC Schnitzer hadir di Essen Motor Show.

Pada ajang tersebut, ada kampanye dari Association of German Automobile Tuner eV (EVDAT) bertema ‘TUNE IT! SAFE’. BMW i8 ini mendapatkan ubahan di beberapa sektor, dari segi tampilan menggunakan warna biru kombinasi kuning cerah khas livery polisi Jerman. Mobil sport hybrid ini dibuat lebih aerodinamis dengan paket bodi AC1, termasuk diffuser depan, bonnet scoop, side skirt, spoiler belakang dan diffuser belakang tiga bagian. Walaupun terdapat penambahan bagian, bahan tersebut diklaim sangat ringan dan kuat karena terbuat dari bahan serat karbon.

Bicara soal perfoma, BMW i8 memiliki mesin 3 silinder turbo berkapasitas 1.500 cc dengan baterai 11,6 kWh dan dua motor listrik. Alhasil dengan gabungan tersebut tenaganya mencapai 369 dk dengan torsi 420 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 6 percepatan. Dari hasil tes mobil ini dapat berakselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 4,1 detik dengan kecepatan maksimal 250 kpj.

Baca Juga : Begini Cara Agar Lolos Uji Emisi

Ferrari 250 GTE – Italia

Pada tahun 1962, dua orang direkrut ke dalam armada Kepolisian Roma, Italia sebagai pencetus masalah kriminal yang tinggi. Tentunya mobil unit dinas yang dipakai saat itu adalah Alfa Romeo 1900 dan Alfa Romeo 2600. Kedua mobil ini dinilai tidak dapat mengejar mafia dan penjahat lainnya.

Oleh karena itu, pihak kepolisian setempat membeli Ferrari 250 GTE yang memiliki kapasitas bangku 2+2. Dengan mesin V12 berkapasitas 3.000 cc mampu menghasilkan tenaga 240 dk dengan torsi 245 Nm, tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 4 percepatan. Dengan performa tersebut, kepolisian Roma dapat mengejar kriminal dan mafia cukup mudah sebab Ferrari 250 GTE ini mobil kencang pada zamannya.

Ferrari 458 Spider – Italia

Sepertinya kepolisian Italia sangat tertarik dengan Ferrari, terutama ketika mereka mendapatkan unit mobil ilegal dari mafia Italia. Mobil ilegal seperti Ferrari ini disita melalui undang-undang anti-mafia negara. Salah satu unit sitaan ini menjadi mobil dinas polisi.

Sayangnya, mobil tersebut tidak dipakai sepenuhnya untuk mengejar penjahat. Melainkan untuk dibawa ke acara-acara pendidikan untuk anak-anak bahwa melakukan kejahatan tidak ada untungnya. Pada akhirnya, Ferrari tersebut dilelang dan hasilnya akan diberikan kepada para korban kejahatan mafia.

Bicara soal performa, Ferrari 458 memiliki mesin V8 berkapasitas 4.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 562 dk dengan torsi 539 Nm. Tenaga tersebut disambung ke transmisi kopling ganda 7 percepatan, dari hasil tes 0-100 kpj tuntas dalam 3,4 detik saja.

Honda Civic Type-R – Australia

Bagi Sobat penggemar Honda Civic Type-R tentu akan senang jika melihat mobil ini menjadi mobil dinas kepolisian New South Wales, Australia. Sayangnya, mobil ini tidak benar-benar aktif di jalan, melainkan membantu keterlibatan media sosial untuk terlihat lebih menarik.

Mobil ini dipinjamkan oleh Honda Australia dengan corak identik khas kepolisian lokal dengan satu set strobo untuk berjaga-jaga. Bicara soal performa, Honda Civic Type-R dibekali mesin empat silinder turbocharged berkapasitas 2.000 cc mampu menghasilkan tenaga 315 dk dengan torsi 400 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan, dari hasil tes 0-100 kpj tuntas dalam 5,4 detik dengan kecepatan maksimal 270 kpj.

Lexus LC500 – Jepang

Lexus LC500 terbaru tidak lepas untuk menjadi unit dinas kepolisian Jepang. Selain mengejar penjahat, unit ini juga digunakan mengawal tamu negara atau keluarga kekaisaran Jepang sendiri. Mobil ini dibalur dengan warna hitam putih dengan khas livery polisi Jepang.

Bicara soal performa, Lexus LC500 menggunakan mesin V8 N/A berkapasitas 5.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 471 dk dengan torsi 539 Nm. Transmisi 10 percepatan dipercaya untuk menyalurkan performa. Dari hasil tes, mobil ini dapat melesat 0-100 kpj tuntas dalam 4,7 detik dengan kecepatan maksimal 270 kpj.

Baca Juga : Polisi Italia ‘Carabinieri’ Gunakan Suzuki Jimny

Mclaren 12C Spider – Inggris

Diperkenalkan di Autosport International 2014 di Birmingham, Inggris, Mclaren 12C Spider ini resmi menjadi mobil dinas Central Motorway Group.

Tentunya mobil ini bertugas untuk mengejar penjahat dan pelanggar batas kecepatan. Bicara soal performa, McLaren 12C Spider dibekali mesin V8 3.800 cc mampu menghasilkan tenaga hingga 616 dk dengan torsi 600 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi kopling ganda 7 percepatan. Dari hasil tes mobil ini dapat berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 3 detik.

Jadi bagaimana Sob, mana mobil polisi paling menarik?