POPULAR STORIES

Ini Fitur Anyar Dan Fungsinya Di Yamaha Aerox 155 Connected

Ini Fitur Anyar dan Fungsinya di Yamaha Aerox 155 Connected

KabarOto.com - Yamaha Aerox resmi dirilis 2 November 2020 lalu. Motor matik pabrikan asal Jepang itu mempunyai beberapa pilihan warna seperti Prestige Silver, Matte Black Gold, Dark Grey Yellow, Red, Matte Black Cyan, White, dan lainnya.

Yamaha Aerox hadir dengan beberapa seri yang berbeda seperti Aerox Standar, Aerox R-Version, Aerox S-Version, Aerox S Doxou Version, dan Aerox R-Version Monster Energy. Walau hadir dalam beberapa seri yang berbeda, motor ini masih menggendong mesin berkapasitas 150 cc.

Motor ini dilengkapi spidometer digital, Stop & Start System (SSS), Smart Motor Generation (SMG), Blue Core, VVA, Smart Key System, Answer Back System, Electric Power Socket, dan Anti-Locking Braking System (ABS).

Yamaha Aerox dilengkapi dengan LCD display 5,8 inci dengan teknologi Multi Information Display (MID) seperti takometer, fuel meter, trip meter, odometer, jam, V-Belt trip, Self-Diagnosis, Average F-Eco, Instant F-Eco dan Voltase Aki (Battery).

Baca Juga: Ini Kebaruan Yamaha Aerox 155 Connected, Apa Yang Beda Dari Model Lama?

Sobat KabarOto juga akan mendapatkan lampu indikator soal Coolant temperature warning light, Smart Keys System, Stop & Start System, VVA, Engine trouble warning light, Anti-lock brake system (ABS) warning light, dan High beam indicator light.

Fitur kedua dan ketiga adalah Stop & Start System (SSS) dan Smart Motor Generation (SMG). Kedua fitur ini memiliki fungsi untuk menghemat bahan bakar kendaraan.

Cara kerjanya adalah dengan mematikan mesin jika kendaraan dalam posisi berhenti lebih dari tiga detik. Mesin bisa dinyalakan kembali dengan memutar handle gas sedikit sehingga bahan bakar tidak terbuang saat berhenti sebentar untuk lampu merah dan hal lainya.

Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan tombol SSS yang ada pada bagian kanan stang. Di sisi lain, fitur ini bersinergi dengan Smart Motor Generation (SMG). Kedua fitur bisa Anda temukan pada varian Aerox S-version.

Blue Core dan VVA diklaim dapat menghasilkan pendingan yang maksimal, pembakaran optimal, dan juga gesekan yang minimal. Selain itu, VVA (Variable Valve Actuation) yang dimilikinya dapat membuat torsi merata di setiap putaran mesinnya.

Selanjutnya ada Smart Key System dan Answer Back System. Kedua fitur ini berbasis pada remote. Remote ini digunakan agar pengguna bisa lebih aman dan praktis dalam menggunakan motor. Anda juga bisa menemukan motor Anda yang terparkir dengan Answer Back System. Anda hanya perlu memencet tombol di remote dan motor Anda akan memberikan respon.

Baca Juga: First Ride - Menguji All New Aerox 155 Connected/ABS Di Sentul Kecil

Terakhir ada fitur Electric Power Socket dan Anti-Lock Braking System (ABS). Electric Power Socket terdapat pada kompartemen penyimpanan bagian depan yang bisa digunakan untuk mengisi daya handphone. Sedangkan, Anti-Lock Braking System (ABS) bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan pengereman pada roda depan.

Ban depannya sendiri menggunakan ukuran 110/80-14 inci dan ban belakang menggunakan ukuran 140/70-14 inci. Versi standar bisa dibanderol Rp. 24 jutaan, R-version dengan harga Rp. 26 jutaan, Monster Energy Version dengan harga Rp 26jutaan, S-version dengan harga Rp. 28 jutaan, dan Doxou version dengan harga Rp. 28 jutaan.

• Tipe mesin: Liquid cooled 4-stroke dengan SOHC
• Sistem starter dan pelumasan: Electric starter dan Wet sump
• Perbandingan kompresi: 10,5 ± 0,4 banding 1
• Susunan dan volume silinder: Single cylinder dengan 155,1 cc
• Diameter X Langkah: 58 x 58,7 mm
• Daya dan torsi maksimum: 14,7 dk / 8000 rpm dan 13,8 Nm / 6250 rpm
• Kapasitas oli mesin: 1 liter (secara total) dan 0,9 liter (secara berkala)
• Sistem bahan bakar: Fuel Injection
• Tipe kopling dan tranmisi: Dry - Centrifugal Automatic dan V-belt automatic