Ini Fungsi Oli Mesin Di Sepeda Motor

Ini Fungsi Oli Mesin di Sepeda Motor Oli mesin sangat penting menjaga kondisi komponen metal di motor

KabarOto.com - Sepeda motor menjadi kendaraan yang digunakan untuk beraktivitas. Untuk itu, perlu mendapat perhatian khusus, agar kondisinya tetap terjaga, prima dan selalu bisa digunakan tanpa ada masalah.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah oli mesin. Sebagai pengendara motor, Anda harus mengetahui fungsi dari cairan ini. Oli mesin adalah salah satu kebutuhan esensial yang membantu komponen mesin bekerja. Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan beberapa fungsi oli mesin:

1. Mendinginkan Komponen Mesin
Cairan ini fungsinya sebagai pendingin, agar komponen yang bergerak tetap berada pada suhu yang stabil. Komponen yang saling bergesekan di dalam mesin, bisa membuat suhu menjadi panas. Adanya oli yang mengalir ke komponen, dapat mengurangi gesekan, sehingga komponen berada pada suhu normal.

Baca Juga: Kriteria Memilih Oli Motor Transmisi Matik Yang Baik

2. Melumasi Komponen Mesin
Oli fungsi lainnya untuk melumasi komponen mesin, sehingga lebih ringan. Semakin ringan gerak yang ditimbulkan, maka semakin cepat pula langkah kerja yang dilakukan mesin.

Pengendara motor wajib memberikan oli dengan kualitas terbaik, sesuai untuk jenis mesin, agar fungsinya dapat bekerja dengan optimal, mesin berjalan mulus, bebas gangguan.

3. Membersihkan Komponen
Oli dapat mengalirkan gram komponen yang terjadi dari dampak gesekan mesin sehingga kondisi komponen mesin tetap bersih. Kotoran karena gesekan antar komponen mesin tersebut akan diangkut oleh oli yang tersirkulasi dalam mesin dan akhirnya tertampung di filter oli. Kondisi ini akan membuat bagian dalam mesin tetap bersih karena tidak ada kotoran yang menempel maupun menggumpal.

4. Melapisi Permukaan Komponen Mesin
Komponen mesin perlu dilapisi dengan baik. Oli ini berperanan penting sebagai pelapis permukaan mesin. Oli akan membentuk lapisan di setiap permukaan komponen mesin. Hal ini dapat meminimalisir celah yang timbul akibat renggangnya komponen mesin.

5. Melindungi dari Korosi
Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terkena proses elektrokimia atau karat yang terbentuk akibat tercampurnya hidrogen, oksigen dan atom di besi. Oli mesin akan melindungi setiap komponen dari karat yang menyebabkan korosi. Untuk itu, setiap mengganti oli, warnanya berubah menjadi hitam, menandakan oli berhasil mengangkat kerak.

Baca Juga: Perpanjang Usia Gear Box Motor Matik Dengan Oli Ini

6. Menghaluskan Suara Mesin
Fungsi lain meredam suara yang ditimbulkan akibat interaksi maupun gesekan antar komponen mesin sehingga suara mesin menjadi lebih halus. Namun tetap harus memperhatikan viskositas yang sesuai standardisasi mesin.