POPULAR STORIES

Ini Jenis Tutup Pentil Ban Mobil Dan Motor, Mana Lebih Bagus?

Ini Jenis Tutup Pentil Ban Mobil dan Motor, Mana Lebih Bagus? Beberapa jenis tutup pentil di pasaran. (Foto : Deddy KabarOto)

KabarOto.com - Walau jarang diperhatikan, ternyata ada beberapa jenis tutup pentil atau valve cap mobil dan motor yang dijual di pasaran. Tutup ini bukan hanya berfungsi sebagai pelindung menjaga tekanan angin ban, mencegah potensi ban pecah, mencegah kemasukan air, hingga dekoratif memperindah pelek.

Dikutip dari laman Suzuki.co.id, ada tiga jenis bahan yang biasa digunakan untuk tutup pentil.

1. Bahan Plastik

Jenis yang paling umum digunakan, dan sangat mudah ditemukan adalah bahan plastik. Tutup jenis ini juga merupakan standar bawaan motor atau mobil. Bahan ini tidak terlalu awet, apalagi jika terlalu sering dibuka atau tutup.

Baca Juga : Mana Lebih Bahaya, Tekanan Angin Ban Mobil Terlalu Rendah Atau Terlalu Tinggi?

Jika menggunakan valve cup dari bahan plastik ini, Sobat KabarOto perlu melakukan penggantian dalam jangka waktu tertentu. Jika tidak diganti, tutup akan longgar sehingga hilang atau pecah dan membuat ban lama-kelamaan kurang angin. Harga tutup plastik ini sendiri biasanya bisa didapat secara gratis di toko ban, atau sekitar Rp 200 per buahnya.

2. Bahan Logam

Lalu selanjutnya ada bahan logam, tentu ini lebih kuat dan awet daripada berbahan plastik. Valve cap jenis ini fungsinya jauh lebih baik, karena biasanya ada karet pelindung di bagian dalamnya.

Bagian dalam ada karet seal tambahan.

Namun jika menggunakan bahan ini, di beberapa tipe tertentu akan mudah berkarat ketika sering terkena air dan tidak langsung dikeringkan. Kalau berkarat pada bagian ulirnya, tutup akan sulit dibuka. Harganya beragam di marketplace yakni Rp 1.500 hingga Rp 450 ribuan saja.

3. Tutup Pentil Indikator (TPMS)

TPMS hadir dengan monitor kecil dan tutup pentil. (Foto : Blaupunkt)

Baca Juga : Turtle Wax Tawarkan Produk Baru Perawatan Pelek Dan Ban

Lalu sekarang ada valve cap indikator, tutup ini telah dibekali oleh fasilitas indikator yang bisa menunjukkan berapa tekanan angin dalam ban. Indikator ini biasa jadi pelengkap fitur di mobil yakni TPMS (Tire Pressure Monitoring Sensor). Di marketplace, alat ini dibanderol mulai dari Rp 200 ribuan Sob!