POPULAR STORIES

Ini Kelebihan Bahan Jok Kulit Asli Dibanding Semi Kulit

Ini Kelebihan Bahan Jok Kulit Asli Dibanding Semi Kulit Ilustrasi penggunaan jok berbahan kulit. Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Zaman sekarang mungkin penggunaan kulit asli untuk jok mobil sudah mulai digantikan dengan bahan semi kulit lainnya, karena harganya lebih terjangkau. Namun ternyata ada beberapa kelebihan bahan kulit asli, yang mungkin tidak bisa didapat di bahan semi kulit.

Beberapa kelebihan adalah dari sentuhan ke kulit. Bahan kulit asli akan terasa lebih lembut ketika bersentuhan langsung dengan kulit manusia. Serta akan membuat aroma khas dari bahan kulit tersebut, sehingga mobil terasa lebih premium.

Contoh bahan kulit asli akan punya tekstur lebih lembut, dan finishing sedikit doff.

Lalu lebih adem, bahan kulit asli lebih cepat dalam melepas panas saat mobil terjemur. Hal ini karena adanya pori-pori alami mirip seperti kulit manusia, agar panas cepat hilang.

Baca Juga : Jok Mobil Makin Nyaman Gunakan Pola Jahitan Ini

"Lebih adem di sini sebenarnya melepas panas lebih cepat. Bukannya mobil habis dijemur, maka jok tidak panas. Tetap panas pasti, tapi pelepasan panasnya lebih cepat, karena adanya pori-pori alami, kalau bahan semi pori-porinya lebih rapat jadi pelepas panasnya lama," jelas Andi dari Vertue Concept.

Bagian belakang kulit asli juga punya tekstur unik, dan bukan kain.

Baca Juga : Kustom Warna Seatbelt Bikin Kabin Mobil Lebih Sporty

Selain itu, tahan api lebih lama. Bahan kulit asli memiliki perlindungan api lebih lama. Namun bukan berarti tidak bisa terbakar.

"Tahan api pasti bisa, tapi bukan berarti tidak hangus ya. Tetap hangus, namun butuh waktu lebih lama ketimbang bahan semi kulit," papar Andi.