POPULAR STORIES

Ini Kelebihan Busi Berbahan Platinum Untuk Kendaraan

Ini Kelebihan Busi Berbahan Platinum untuk Kendaraan Busi NGK berbahan platinum

KabarOto.com - Busi fungsinya untuk memercikkan bunga api yang membakar campuran udara di mesin. Dibutuhkan material khusus agar elektroda busi bekerja maksimal menahan panas dan juga menghasilkan pembakaran yang sempurna, agar performa kendaraan menjadi lebih baik.

NGK merek busi asal Jepang yang sudah memiliki pabrik di Indonesia, telah memproduksi G-Power. Busi ini satu-satunya yang menggunakan material logam mulia platinum pada bagian pusat elektroda (central electrode).

Baca Juga: NGK Hadirkan Busi Untuk Avanza, Xenia Dan LCGC Harganya Rp45 Ribu

Jika dibandingkan dengan busi berbahan nickel alloy, material platinum masa pakainya lebih lama, rendah emisi, dan yang pasti menghemat bahan bakar. Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia mengatakan, penggunaan material platinum pada centre electrode memiliki beberapa keuntungan.

"Keuntungannya bahan lebih keras dari nickel, lebih tinggi titik leburnya dan yang pasti harga lebih murah dibandingkan iridium," papar Dicko, Rabu kemarin (24/02).

Kendati lebih murah dari jenis iridium, busi yang menggunakan bahan logam mulia platinum punya beberapa fitur yang sanggup meningkatkan kinerja kendaraan.

Dicko mencontohkan, Trapezoidal ground electrode mampu memperkecil efek quenching atau rambatan pembentukan api, akibat tertahan dengan bentuk elektroda dan jenis material bahannya.

"Platinum meningkatkan area pembentukan energi atau ledakan," tambahnya.

Menurut Dicko, dengan single 0.6 mm fine-wire platinum tip center electrode, busi G-Power dapat memercikan listrik secara konsisten, fokus serta stabil.

Baca Juga: Pasang Busi Jangan Terlalu Kencang, Perhatikan Hal Ini

Dia menambahkan, dengan diameter elektroda pusat yang tipis maka kebutuhan arus listrik yang diperlukan untuk memercikkan listrik di antara celah elektroda pusat dan ground busi akan lebih rendah, sehingga daya pengapian busi akan meningkat.