POPULAR STORIES

Pasang Busi Jangan Terlalu Kencang, Perhatikan Hal Ini

Pasang Busi Jangan Terlalu Kencang, Perhatikan Hal ini Pasang busi tidak bisa sembarangan, ada cara yang harus diperhatikan agar tidak rusak

KabarOto.com - Meski bentuknya kecil, namun keberadaan benda yang satu ini dalam meningkatkan performa sebuah kendaraan sangat penting. Ya, busi memiliki fungsi untuk menghadirkan percikan listrik yang akan memicu efek ledakan dari campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar.

Karena itu, busi ini proses pemasangannya harus benar-benar diperhatikan, supaya busi bisa menjalankan fungsinya dengan baik dalam memberikan performa yang terbaik pada kendaraan.

Baca Juga: Cek Kondisi Busi Kendaraan, Biar Performa Mesin Tetap Terjaga

Nah yang perlu diperhatian dalam memasang busi adalah tingkat kekencangannya. Karena pemasangan busi terlalu kencang dan terlalu kendor bias berakibat fatal. Jika memasang busi terlalu kencang dapat mengakibatkan ulir busi rusak. Kondisi ini tentunya akan sulit saat melepasnya lagi.

Selain itu juga pada bagian center electrode hingga terminal nut pun tidak luput dari resiko kerusakan apabila kita tidak memasang busi dengan tingkat kekencangan yang tepat. Tentunya akan memengaruhi fungsi busi dan juga menurunkan performa mesin kendaraan.

Perlu diperhatikan selanjutnya adalah penggunaan kunci busi dengan ukuran yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan hexagonal busi.

Ini sangat penting untuk diperhatikan, karena penggunaan ukuran kunci busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dapat mengakibatkan kunci busi tersangkut dan dapat menggagalkan proses pemasangan atau pelepasan busi.

Hal yang tidak boleh luput dari perhatian adalah, pastikan mesin kendaraan sudah berada pada kondisi mati dalam jenjang waktu beberapa saat sebelum melepas dan memasang busi. Tujuannya agar sifat logam pada busi maupun kepala silinder sudah stabil, sehingga tidak memicu adanya kerusakan pada kedua komponen tersebut.

Baca Juga: Terlihat Sepele, Pasang Busi Baru Dan Bekas Ternyata Ada Triknya Lohh!

Jika Sobat Kabaroto menggunakan busi merek NGK, setiap bungkusnya telah dilengkapi dengan panduan ringan untuk pemasangan berikut dengan keterangan tingkat kekencangan yang direkomendasikan, agar busi tersebut dapat dipasang dengan sempurna dan menghasilkan performa yang optimal.