Cek Kondisi Busi Kendaraan, Biar Performa Mesin Tetap Terjaga

Cek Kondisi Busi Kendaraan, Biar Performa Mesin Tetap Terjaga

KabarOto.com - Pemerintah menyarankan untuk melakukan aktivitas di dalam rumah selama pandemi Covid-19. Selain itu, juga mengurangi kegiatan seperti berkumpul dan berada di tempat keramaian. Situasi seperti ini tentu membuat Anda bosan, setelah melakukan pekerjaan kantor dari rumah, bingung apalagi yang harus dikerjakan.

Jika Anda memiliki kendaraan seperti sepeda motor dan mobil, ada baiknya mengoprek kendaraan itu sendiri. Selain mencuci dan memoles, bisa juga memeriksa kondisi busi. Caranya sangat mudah, tidak sulit tanpa harus memerlukan peralatan lengkap. NGK Busi membagi tips mengecek busi kendaraan. Bagi pemilik motor lebih mudah karena tidak banyak compartment yang harus dibuka dibandingkan dengan mobil.

Baca Juga: Gebrakan NGK Busi Di Awal Tahun, Mulai Dari Website Sampai Decals Motor

Siapkan kunci standar dan kunci busi sesuai dengan kendaraan masing-masing yang tersedia di tool box bawaan kendaraan. Selain itu, kaca pembesar untuk melihat gejala kerusakan busi. Setelah dibuka menggunakan kunci, segera dilakukan pengecekan dengan menggunakan kaca pembesar untuk dilihat gejalanya.

Gejala-gejala seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keausan normal pun bisa dilihat secara jelas. Sepeda motor atau mobil yang digunakan secara normal, misalkan untuk aktivitas harian biasanya akan mengalami pengerakan karbon ataupun tingkat keausan tinggi. Jika kondisinya seperti ini maka busi harus segera diganti, dibandingkan harus membersihkannya.

Namun jika Anda rasa masih bisa digunakan, maka bersihkanlah busi tersebut. Jika hanya membersihkan kerak dan kotoran yang menempel, cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja, setelah itu bersihkan menggunakan kain.

Baca Juga: Produsen Busi NGK Membuat Baterai Untuk Kendaraan Listrik

Jangan membersihkan busi menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat. Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru. Itu akan membantu kita mengembalikan performa busi supaya kendaraan Anda bisa berjalan normal tanpa ada masalah.