POPULAR STORIES

Ini Langkah Buat Mesin Diesel Makin Kencang

Ini Langkah Buat Mesin Diesel Makin Kencang paket diesel kencang sudah banyak yang menawarkan (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Meningkatkan performa mesin diesel konvensional memang diakui relatif lebih sulit, karena pada zamannya, memang belum banyak teknologi yang menghadirkan perangkat bolt-on.

Berbeda dengan dahulu, mesin diesel common rail yang lazim ditemui pada mobil-mobil produksi terbaru menawarkan banyak kemudahan, terkait banyaknya aftermarket parts yang diklaim dapat menambah performa.

Salah satunya adalah instalasi tuning box atau yang biasa dikenal dengan piggyback ECU (Engine Control Unit) di kalangan pecinta otomotif.

“Jenis dan fiturnya pun beragam, fleksibilitas tergantung keinginan sang pemilik mobil serta parameter yang dibutuhkan oleh mesinnya sendiri,” papar Theodorus Ong Surya Jaya atau yang akrab dengan panggilan Teddy Rev, pemilik bengkel Rev Engineering yang berlokasi di Kedoya, Jakarta Barat.

Contohnya saja seperti piggyback dari Dastek Unichip, Ecu Shop, Power Lab, dan Race Chip yang diklaim dapat mengatur tekanan/pressure pada sistem common rail itu sendiri.

Tidak hanya itu, beberapa piggyback tertentu seperti Race Chip juga dilengkapi dengan fitur untuk mengatur injector pulse, boost pressure atau besarnya tekanan pada turbocharger, dan mengatur timing pada injektor.

Baca Juga: Haram Hukumnya Lakukan Hal Ini pada Mesin Turbocharger

“Namun secara umum, rata-rata pelanggan kami juga memilih piggyback Dastek Unichip untuk pemakaian sehari-hari karena dirasa cukup memiliki fitur yang memadai,” ungkap Teddy yang mematok harga di kisaran Rp 8 - 20 juta untuk unit termasuk biaya instalasi.

Teddy yang juga pernah membuat sebuah Toyota Hilux diesel untuk mengikuti ajang drag race di kelas FFA (Free for All) mengatakan, bahwa langkah selanjutnya adalah instalasi FMIC/Front Mount Intercooler untuk mengoptimalkan suplai udara dingin yang berguna bagi turbocharger.

“Untuk penggunaan harian, aplikasi piggyback dan FMIC saja sudah cukup. Namun, beberapa mobil tertentu ada yang kami sarankan untuk mengganti nozzle terlebih dahulu, jika ingin memasang turbocharger ke stage selanjutnya,” jelasnya.

Turbocharger yang menjadi favorit untuk meningkatkan performa mesin diesel adalah tipe RHF4, yang merupakan turbocharger milik varian Isuzu D-Max. “Tipe RHF4 yang dimaksud berbeda dengan OEM Mitsubishi Pajero Sport, dimana tipe RHF4 milik D-Max memiliki bilah turbo yang lebih banyak dan jika diperhatikan dengan seksama, kode turbo­nya pun berbeda,” jelas Teddy seraya menjelaskan bahwa turbo tersebut juga dapat disubstitusi menggunakan kit dengan material billet.

“Untuk harga sendiri bervariatif, untuk Toyota Innova & Fortuner paket turbo upgrade kami jual dengan harga di kisaran Rp 16 juta, belum termasuk FMIC seharga Rp 7,5 – 8,5 juta,” tutup Teddy yang mengklaim terjadi lonjakan tenaga pada mobil-mobil pelanggannya, sekitar 10 - 20% setelah pemasangan paket tersebut.

Tertarik ?