POPULAR STORIES

Ini Loh Arti Istilah Facelift, New, Dan All New

Ini Loh Arti Istilah Facelift, New, dan All New All New Daihatsu Terios (Foto: Deni/KO)

KabarOto.com - Setiap tahunnya, kendaraan roda empat maupun roda dua selalu memberikan penyegaran tampilan. Baik dari sisi eksterior, interior bahkan mesin. Tidak sedikit merek otomotif yang hanya melakukan perubahan minor. Walaupun tampilannya akan sedikit berbeda dengan versi sebelumnya, namun lebih modern dan mengikuti trend.

Bagi pecinta otomotif yang sudah berkecimpung di industri ini sejak lama, mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan kata facelift, new, maupun all new. Tapi masih banyak orang awam yang belum bisa memahami maksud dari istilah kalimat tersebut, ketika suatu kendaraan diperkenalkan.

Ternyata imbuhan facelift, new, maupun all new ini memiliki kadar pada perubahan bentuk. Kamus baru bagi sobat KabarOto yang masih awam nih. Facelift merupakan perubahan sekitar 30% pada komponen-komponen kendaraan. Walaupun bukan perubahan besar dan banyak, facelift bisa sangat mengubah penampilan.

Baca Juga: Ini Tampilan Renault Koleos Facelift Teranya

"Biasanya facelift itu perubahannya ada di eksterior kendaraan, seperti bentuk mukanya. Misalnya lampu depan, gril, dan bumper," jelas Ihsan dari bengkel Platinum.

Sedangkan menurut pria yang akrab disapa Ican ini, kendaraan yang launching dengan istilah New memiliki perubahan sekitar 50%.

Perubahannya lebih banyak terlihat dibandingkan facelift. Untuk mobil biasanya tampak berbeda pada penampakan eksteriornya. Baik pada bagian depan, belakang, serta sisi-sisinya.

Ambillah contoh Mitsubishi Pajero Sport, ketika diluncurkan New Pajero Sport terlihat cukup berubah namun tidak signifikan. Bodinya berubah menjadi lebih cembung, tidak kotak seperti pendahulunya. Selain itu, tampak belakangnya terlihat berbeda dengan perubahan bentuk lampu.

Baca Juga: Profil - Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate, Makin Gagah Dan Tangguh

Dengan bagian belakang yang agak cembung, New Pajero Sport dipasangi lampu yang terlihat seperti air mengalir. Interiornya juga mendapat penyegaran dengan tambahan beberapa fitur modern. Nah, walaupun perubahannya cukup banyak, kendaraan yang diberi embel New ini tidak jauh berubah drastis.

Terakhir adalah all new, kategori ini bisa membuat kendaraan berubah total. Bahkan pabrikan juga ada yang mengubah jenis kendaraannya. Misalnya seperti Suzuki Baleno, yang dulunya merupakan mobil sedan kini berubah menjadi hatchback, perubahannya totalitas hingga fiturnya.

Baca Juga: Profil New Mazda2 Hatchback

Pada kategori ini biasanya mesin juga ikut diubah, kalau all new bisa 80% sampai 100% perubahannya. Karena biaya produksi mesin sendiri kan tidak murah, pabrikan biasanya mengubah mesin bersamaan dengan perubahan bentuk kendaraan.

Walaupun tidak bisa dipungkiri ketika pabrikan melakukan facelift, bisa juga mesin ikut di ubah. Perlu dicatat, perubahan yang terjadi pada kendaraan ini tidak dilakukan dalam waktu singkat bahkan bertahun-tahun. Karena sebelum melakukan perubahan pada produknya, pabrikan perlu melihat minat pada pangsa pasar atau melakukan riset pasar terlebih dahulu.