POPULAR STORIES

Profil New Mazda2 Hatchback

Profil New Mazda2 Hatchback New Mazda2 (Foto: Wandha)

KabarOto.com - Mobil hatchback kompak menjadi dambaan masyarakat karena dimensinya yang tidak terlalu besar dan responsif, sehingga cukup gesit untuk menerobos jalanan yang padat. Dalam serangkaian produknya, Mazda juga mengeluarkan mobil kompaknya yaitu Mazda2 hatchaback. Mobil ini cukup menarik minat masyarakat juga loh karena sering terlihat lalu lalang di jalanan.

Pada bagian depan nampak gril dengan warna krom dan logo Mazda yang menyatu, selaras dengan desain headlamp LED yang menyorot tajam. Desain yang unik nampak pada bagian bannya nih Sob, pelek berbentuk lima rongga warna silver berukuran 16 inci ini, dibubuhi suspensi depan MacPherson strut dan torsion beam pada bagian belakang.

Baca Juga: Profil - Mazda3

Mazda2 Hatchback memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sebagai mobil hatchback dengan ukuran wheelbase 2.570 mm, Mazda 2 memiliki ruang kaki yang cukup lega nih. Jadi, walaupun kendaraan dengan kapasitas 5-penumpang ini termasuk mobil kecil, penumpang tetap bisa duduk dengan nyaman.

Penting nih, walaupun bagasi mobil hatchback kebanyakan terlalu sempit, tidak dengan hatchback brand asal Jepang ini. Mazda2 tetap memberikan ruang bagasi yang layak dengan volume 250 L. Masih cocok nih untuk dibawa berpergian dengan barang bawaan yang cukup besar seperti koper.

Baca Juga: Cuma 2 Unit, Mazda MX-5 30th Anniversary Edition Dipastikan Bakal Masuk Indonesia

Beralih ke interior, Mazda2 didominasi dengan warna hitam. Hampir seluruh bagian mulai dari dasbor hingga joknya berwarna hitam. Namun, untuk detil di beberapa bagian seperti door trim dan setir diberi aksen krom atau silver.

Selain mungil, Mazda2 tetap memberikan kesan elegan dan moderen loh Sob. Fitur hiburannya juga sudah modern dan tidak pelit, yakni terdapat layar berukuran 7 inci plus kontrol komando yang terintegrasi dengan radio AM/FM, CD/DVD, 6sp, USB interface, BT handsfree.

Mazda2 tipe R AT sudah dilengkapi dengan pilihan sistem kemudi yaitu sport mode. Sayangnya tipe ini belum dilengkapi dengan sistem navigasi seperti tipe GT AT. Untuk fitur lainnya, mobil ini sudah menggunakan keyless start/stop engine dan keyless entry system.

Baca Juga: Penampilan Mazda CX-30, Kakaknya Mazda 3 Nih

Masuk pada bagian mesin, Mazda 2 menggunakan Skyactiv-G dengan kapasitas 1500 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 dk pada 6.000 rpm, dan maksimum torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Untuk bahan bakar, mobil 4-silinder ini mampu menampung 44 liter bahan bakar bensin. Pabrikan menyarankan dengan besaran 90 Ron.

Walaupun hatchback, mobil ini kaya akan teknologi loh. Selain teknologi Skyactiv pada mesinnya, ada yang lain lagi nih yaitu GVesctoring Control System (GVC) dan Idling Stop System (i-stop). Mungkin masih terdengar asing, bahkan tidak diketahui fungsinya.

Sudah pasti penyematan teknologi terbaru pada suatu kendaraan bertujuan untuk menambah kenyamanan pengemudi. Begitu pun dengan GVC dan i-stop, tentu keduanya juga memiliki fungsi yang berbeda. GVC bisa dikatakan sebagai teknologi yang membuat mobil maupun penumpang menjadi lebih aman.

Baca Juga: Generasi Ke-7 Mazda Siap Meluncur Tahun Ini

Secara garis besar GVC akan membuat mobil tetap dalam kendali ketika dibawa menikung. Karena teknologi ini dirancang untuk mengendalikan dan meminimalkan dampak G-force dan inersia bagi penumpang.

Sedangkan i-stop keuntungannya didapatkan terkait efisiensi bahan bakar. Jadi sistem atau teknologi ini mampu menghentikan putaran mesin secaara otomatis saat kendaraan berhenti di kemacetan atau lampu merah. Mesin akan re-start secara halus, kemudian pengemudi dapat kembali melanjutkan berkendara.

Dari segi keamanan lainnya Mazda 2 juga dilengkapi dengan airbag pada dua bagian, yaitu pengemudi dan penumpang depan. Tentunya juga sudah ada seat belt yang akan melindungi keamanan setiap penumpang. Mobil ini juga sudah didukung dengan kamera mundur dan sensor parkir sebanyak 4 titik.

Baca Juga: Test Drive - All New Mazda CX-9, Bodi Besar Bukan Halangan!

Mazda2 juga memiliki pilihan warna yang cukup beragam, seperti Snowflake White Pearl Mica, Meteor Grey, Alumunium Metallic, Soul Red Crystal Metallic, dan Jet Black Mica.