POPULAR STORIES

Ini Penjelasan Jika Ban Ada Usianya

Ini Penjelasan jika Ban Ada Usianya Foto: KabarOto

KabarOto.com - Saat membeli ban mobil atau motor, melihat masa produksinya, ada di bibir ban. Karena ternyata, karet bundar ini juga ada kadaluarsanya. mempertimbangkan waktu produksinya.

Tanda Ban sudah habis masa berlakunya sudah mengeras, digunakan traksi Ban tidak maksimal dan muncul retak-retak di beberapa bagian.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Ini Tips Untuk Ban Mobil Sobat KabarOto

Ban dengan kondisi baik tanpa retak

"Waktu servis ban habis karena usia karet, karena material selalu terpapar oksigen yang membuat partikel menjadi lebih keras dan kurang fleksibel. Akibatnya, karet mulai retak di luar dan dalam, dapat menyebabkan pemisahan tapak atau kabel baja dan kerusakan ban total," ujar Ignatius Dwi Triono selaku Ketua Team Tyre Adjusment Commite Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI) kepada KabarOto, Rabu di Bogor, Jawa Barat (15/03/2023).

Ia juga menjelaskan, ban yang disimpan bertahan untuk waktu yang terbatas karena tidak dilumasi. Saat Anda mengendarai ban, minyak panas di dalamnya bersirkulasi dan melumasi karet, mencegah pengeringan dini. Saat disimpan, minyak dan emolien mengering, menyebabkan konsekuensi yang diketahui.

Karena karet yang tahan lama pun pada akhirnya akan menua, "Disarankan untuk tidak menggunakan ban berusia di atas 5 tahun," tambah Ignatius Dwi Triono.

Baca juga: Begini Tips Pengecekan Ban Pada Kendaraan Berat Dan Niaga

Kode waktu produksi ban

Sangat penting untuk menentukan usia ban yang Anda simpan dengan membaca kode tanggal di dinding sampingnya. Ingat, usia dihitung dari tahun pembuatan, bukan tanggal membelinya.

Jika membeli ban yang disimpan di toko selama 5 tahun, anda mungkin membuang-buang uang. Jadi ban yang baik untuk bisa kita beli disarankan adalah tidak lebih usianya dari 3 tahun, agar masih mendapatkan masa garansi.

Pihak APBI sudah mengeluarkan penjelasan, jika garansi ban dalam APBI adalah 5 tahun sejak ban diproduksi. Jadi baiknya membeli ban di distributor resminya, agar bisa mendapatkan garansi secara resmi pula.