POPULAR STORIES

Ini Penyebab Masalah Rem Fernando Alonso Saat GP Bahrain

Ini Penyebab Masalah Rem Fernando Alonso Saat GP Bahrain

KabarOto.com – Pada GP Bahrain kemarin, harapan Fernando Alonso untuk mencetak poin pada balapan perdananya dalam Formula 1 (F1) setelah sempat pensiun dua tahun harus kandas akibat masalah di sistem pengereman.

Alonso sebenarnya punya performa yang cukup mengesankan pada debutnya dengan Alpine. Terbukti pembalap mantan juara dua kali F1 itu berhasil meraih posisi sembilan saat memulai balapan.

Baca juga: Hasil F1 Bahrain 2021: Lewis Hamilton Tunjukkan Dominasi

Tetapi nasib sial harus terpaksa di terima, pasalnya pertandingan baru berjalan 32 lap, tapi Alonso sudah masuk ke pit dua kali karena ada masalah pada sistem pengereman A521 miliknya.

Setelah ditelusuri, ternyata penyebab utamnya ialah pembungkus sandwich yang masuk dalam saluran pengereman, membuat udara tak bisa masuk dan menyebabkan rem overheating. Itu berdampak pada performa A521 karena pengereman menjadi tidak maksimal.

Baca juga: Tim Alpine Rilis A521, Identitas Baru Dominasi Warna Biru

Direktur Eksekutif Alpine, Marcin Budkowski, mengatakan pada pit stop pertama, mereka memiliki masalah kecil yang membuat mobil sedikit kehilangan performa. Setelah melakukan pit stop kedua, kertas pembungkus sandwich masuk ke dalam saluran rem belakang mobil Fernando.

"Ini menyebabkan suhu rem meningkat dan membuat beberapa kerusakan pada sistem pengereman. Jadi, kami memutuskan untuk menarik masuk Fernando atas alasan keselamatan,” jelasnya.

Walau begitu, Alonso mengungkap ia tetap senang bisa kembali ke trek dan menikmati balapan kemarin, “Pertama, senang rasanya bisa kembali balapan di Formula 1. Start kami sungguh mengesankan, kami mengambil alih beberapa posisi dan sangat menikmati pertarungan dengan beberapa rival lama. Namun, cukup mengecewakan karena tak bisa melihat bendera finis berkibar,” kata Alonso.