POPULAR STORIES

Ini Ruas Tol Yang Menerapkan Ganjil Genap Saat Libur Nataru

Ini Ruas Tol yang Menerapkan Ganjil Genap Saat Libur Nataru Pemeriksaan di jalkan tol oleh petugas Kepolisian

KabarOto.com - Liburan natal dan tahun baru, dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk bepergian bersama keluarga ke kampung halaman, atau tempat wisata untuk melepas kejenuhan setelah beraktivitas di kota besar seperti Jakarta.

Karena penyebaran Covid-19 masih terjadi, beberapa ruas jalan tol pun akan diberlakukan aturan ganjil genap, untuk mengurangi mobilitas. Hal itu diwacanakan oleh Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Siap-siap, Tol Tangerang - Merak Akan Diberlakukan Ganjil Genap Pp

Penerapan tersebut akan dilaksanakan 20 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Empat jalan tol yang akan diberlakukan pada ganjil genap di antaranya Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi belum lama ini menjelaskan, penerapan ganjil genap ini bertujuan untuk mengantisipasi pelaku perjalanan dengan mobil pribadi saat libu Natal dan tahun baru.

"Biasanya kalau diterapkan ganjil-genap, pergerakan bisa turun sampai 30 persen," terang Budi belum lama ini di Jakarta. Buka tutup tempat istirahat juga akan diberlakukan.

Akan dibelakukan juga sistem satu arah, sistem lawan arah juga melakukan antigen di rest area serta tempat-tempat yang ditetapkan. "Kita akan melakukan random sampling tentang ketaatan mereka tentang PeduliLindungi, dengan dua kali vaksin dan melakukan antigen," terang Budi.

Baca juga: Pekan Depan, Jalan Margonda Kembali Terapkan Ganjil Genap

Reza Febrino, Sekretaris Perusahaan Jasa Marga mengatakan, kebijakan yang diterapkan tidak memberikan dampak besar untuk Jasa Marga. Potensi adanya penurunan volume lalu lintas menurut dia tidak terlalu signifikan saat diberlakukan ganjil genap. Ia memprediksi, saat libur Natal dan tahun baru 2022 ini ada peningkatan volume lalu lintas sebesar 11 persen.