POPULAR STORIES

Ini Tugas Hyundai I30 N Sebagai Safety Car WSBK Di Sirkuit Mandalika

Ini Tugas Hyundai i30 N Sebagai Safety Car WSBK di Sirkuit Mandalika Hyundai i30 N dengan livery khusus (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Hyundai i30 N menjadi safety car ajang balap WSBK 2022, termasuk seri ke-11 di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 11-13 November 2022.

Tidak semua mobil bisa menjadi safety car pada ajang balap kelas internasional. Meskipun hanya bersifat sebagai pendukung, namun peran safety car sangat penting untuk jalannya balapan mobil maupun motor.

Bukan hanya mengawal pembalap, safety car juga bertugas sebagai race director untuk menilai kondisi sirkuit, pengawas lomba dan menjaga keselamatan pembalap.

Baca Juga : Hyundai I30 N, Lanjutkan Kiprah Pabrikan Sebagai Safety Car WSBK Sejak 2019

Hyundai i30 di Sirkuit Mandalika saat WSBK 2022

""Tugas utama dari safety car adalah mengontrol berlangsungnya balapan. Sebelum balapan, safety car akan memeriksa kondisi sirkuit," ujar Driver Safety car WSBK Mandalika, Nic Cursi.

Saat kondisi darurat seperti kecelakaan, safety car akan keluar untuk menjaga keselamatan para pembalap. Ketika hujan, safety car akan memeriksa kondisi lintasan apakah ada genangan air atau tidak.

Baca Juga : HMID Sediakan Fasilitas Servis Dan Suku Cadang Untuk Mobil Listrik Hyundai Saat KTT G20

Nic Cursi, driver safety car WSBK 2022

"Safety car juga perlu memiliki kecepatan yang mempuni, untuk mengimbangi kecepatan mobil atau motor balap ketika melakukan warm up," jelas Nic saat ditemui KabarOto di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/11).

Sebagai informasi, Hyundai i30 N T-GDI berkapasitas 2.000 cc yang menghasilkan tenaga 276 dk dan torsi 392 Nm. Mesin tersebut didukung dengan transmisi kopling ganda wet-type 8-speed yang dilengkapi dengan paddle shifter dan tambahan new N performance untuk pengalaman berkendara yang lebih.