Penting Nih! Cara Merawat Mobil Saat Menghadapi Musim Hujan

Penting Nih! Cara Merawat Mobil Saat Menghadapi Musim Hujan Hal itu tak lain karena kandungan garam pada air hujan yang mengguyur mobil itu lebih tinggi dibandingkan air biasa (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Memasuki musim hujan, Sobat KabarOto harus lebih memperhatikan kondisi mobil Anda! Jika tidak diperhatikan dengan teliti, besar kemungkinan mobil akan mengalami kendala ketika berkendara.

cuci mobil

Hal itu tak lain karena kandungan garam pada air hujan yang mengguyur mobil lebih tinggi, jika dibandingkan air biasa. "Usahakan air hujan jangan terlalu sering mengering di bodi mobil," ujar Surya Halim Nugroho dari Otospa, Cimone Tangerang.

"Karena dalam jangka waktu tertentu dapat meninggalkan bercak dan noda yang susah hilang, sampai paling parahnya bisa merusak cat," tambah Surya.

perbaiki kabel

Selain itu, kabel-kabel yang ada pada mobil pun jangan sampai luput dari perhatian. apalagi sampai terkelupas. "Air hujan juga berpotensi masuk ke celah sekalipun seperti pada mesin dalam mobil," ucap Siswanto dari Gati2 Motorsport, Pamulang, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Mau Musim Hujan Nih, Pilih Paket Detailing Motor Yang Mana?

"Jangan meremehkan mesin mobil yang terkena air hujan. Bisa-bisa mobil mogok dan mati karena kabel korslet kena air," imbuhnya.

Sebagai upaya pencegahan, tambah Siswanto, kabel-kabel sebaiknya di isolasi ulang, terlebih yang terkelupas harus dalam kondisi terbungkus secara rapat.

mengoleskan silikon

Cuaca yang tak bisa diprediksi seperti sekarang ini juga bisa jadi alasan menyemprot atau pun mengoleskan silikon secara rutin pada bagian karet yang ada di mobil. Menurut Surya, cairan silicon pada kaca dan karet, cukup berguna agar awet dan lentur juga mencegah getas.

membersihkan interior mobil

"Jangan lupa cek lantai mobil, biasanya alas kaki basah berpotensi membuat jamur di lantai mobil beludru," kata ayah 2 anak itu.

Surya pun menerangkan, "Solusinya lebih baik gunakan karpet karet di atas karpet beludru untuk melapisi lantai mobil," pungkasnya.