POPULAR STORIES

Inovasi Baru Pemanas Sabuk Pengaman Cocok Di Daerah Salju

Inovasi Baru Pemanas Sabuk Pengaman Cocok di Daerah Salju Dok : ZF

KabarOto.com - Sabuk pengaman adalah komponen keamanan paling standar di sebuah mobil. Fungsi sabuk ini akan menahan badan agar tidak terpental ke depan saat terjadi insiden. Namun ZF punya ide berbeda, yakni dengan mengenalkan Heat Belt di CES 2023 di Las Vegas.

Sesuai dengan namanya, sabuk pengaman berpemanas adalah inovasi baru yang sangat cocok untuk pengemudi di daerah bersalju.

Baca juga: Perusahaan Pembiayaan Ini Berikan Subsidi Untuk Pembelian Motor Listrik

Heat Belt sejatinya ditujukan untuk mobil listrik demi meningkatkan kenyamanan berkendara ketika cuaca dingin. Diperkirakan, dalam suhu rendah fitur ini bisa meningkat efisiensi tenaga hingga 15%, karena pengemudi tidak perlu menyalakan pemanas.

Konduktor pemanas internal disematkan ke dalam sabuk pengaman untuk memberikan elemen penghangat. ZF juga mengklaim bahwa Heat Belt ini berfungsi seperti sabuk pengaman biasa, artinya mobil tidak perlu melalui modifikasi apa pun untuk pengaplikasiannya.

Menggunakan daya sekitar 70 watt, sabuk pengaman ini dapat mencapai hingga suhu sekitar 36 - 40 derajat Celsius.

Baca juga: BMW I Vision Dee Hadir Di Ajang CES 2023

Konduktor pemanas disematkan ke dalam struktur sabuk pengaman dan lokasi elemen kontak untuk sirkuit pemanas listrik dipilih agar tidak mengganggu pengoperasian atau retraksi sabuk. Ini memungkinkan retractor sabuk pengaman standar masih berfungsi, dan tingkat keamanannya tetap sama.