POPULAR STORIES

Intip Performa Toprak Razgatlioglu Di Tes Tertutup MotoGP 2023

Intip Performa Toprak Razgatlioglu di Tes Tertutup MotoGP 2023 Toprak Razgatlioglu jajal Yamaha YZR-M1 di tes tertutup Jerez 2023 (foto : MotoGP & Yamaha)

KabarOto.com – Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu baru saja menyelesaikan dua hari tes tertutup bersama Yamaha MotoGP.

Dalam tes tertutup yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, pembalap asal Turki ini mengaku senang dan puas selama menjajal Yamaha YZR-M1.

Baca Juga : Toprak Razgatlioglu Bakal Geber Yamaha YZR-M1 Di Sirkuit Jerez

Cal memberitahu cara mengendari YZR-M1 kepada Toprak

Selama menjalani tes tersebut, Toprak ditemani oleh Cal Crutchlow (test rider Yamaha). Dalam satu hari tes, Toprak menyelesaikan 63 lap M1 2023. Crutchlow juga bertugas untuk memandu pembalap bernomor 54 itu dalam mempelajari dan memperkenalkan karakter motor, serta cara mengendarinya. Setelah melakukan tes, Toprak senang dengan kesempatan yang diberikan oleh pabrikan berlogo garpu tala itu.

“Dua hari tes di Jerez ini merupakan waktu yang menyenangkan bagi saya. Disini saya banyak belajar mengenai karakter dan cara mengendarai motor MotoGP. Tentu, ini menjadi bekal saya jika saya naik ke kelas ajang balap ini,” ungkap Toprak Razgatlioglu.

Baca Juga : Incar MotoGP, Toprak Razgatlioglu Siap Pindah Musim 2024?

Pada hari pertama, dirinya menyelesaikan 63 lap dengan catatan waktu terbaik 1:39,590 detik alias terpaut 1,7 detik dari Dani Pedrosa (test rider KTM). Pada hari berikutnya, Toprak mampu menyelesaikan 53 lap (116 lap total) dan mencatatkan waktu 1:38,860 detik. Catatan waktu ini lebih cepat 0,730 detik, dan memiliki gap 1,4 detik di belakang Pedrosa.

Melihat hasil tersebut membuat sang Managing Director, Lin Jarvis kagum dan bisa menjadi kandidat pengganti Franco Morbidelli. “Cal memberi banyak masukan ke Toprak mengenai bagaimana membawa motor ini yang tentu berbeda dengan karakter motor superbike. Semoga ini menjadi awal yang bagi dia untuk masa depannya,” ungkap Lin Jarvis.

Meskipun posisi Morbidelli terancam, tetapi pembalap utama mereka Fabio Quartararo bisa saja memutuskan kontrak lebih awal dan pindah pabrikan di musim 2024 mendatang. Pasalnya pada dua seri terakhir, Quartararo tidak mampu finis di tiga dan lima besar. Performanya semakin menurun, sedangkan Morbidelli mampu finis keempat di GP Argentina 2023 lalu.