Intip Profil Komunitas GT-R Owners Club Indonesia

Intip Profil Komunitas GT-R Owners Club Indonesia GT-R Owners Club Indonesia (Foto: Kipli)

KabarOto.com - GT-R Owners Club Indonesia atau yang sering disebut dengan singkatan GOCI, merupakan sekumpulan pecinta Nissan Skyline/ GT-R berbagai generasi dengan latar belakang yang berbeda-beda bahkan selera modifikasi yang berbeda pula.

GOCI sendiri awalnya memiliki kepanjangan Godzilla Owners Club Indonesia, kata ‘Godzilla’ merupakan julukan dari varian GT-R yang melambangkan buasnya tenaga mesin yang dihasilkan. “Secara resmi, GOCI tak merayakan hari berdirinya lewat perayaan khusus atau selebrasi, kami menandai berdirinya GOCI dengan acara track day di sirkuit Sentul sekitar bulan Juli 2013,” buka Eka selaku salah satu member.

GT-R Owners Club Indonesia

Ia menambahkan, acara track day tersebut juga sekaligus merepresentasikan mesin performa tinggi dari Nissan GT-R. Sesuai status mobilnya yang bisa dibilang Japanese supercar, anggotanya pun terbilang eksklusif. Eka bilang, saat ini tercatat sekitar 40-50 anggota yang tersebar di Jabodetabek, Kalimantan, Batam, Bandung, Surabaya, “Paling banyak di Jabodetabek, dan terbesar kedua ada di Surabaya,” bebernya.

Baca Juga: Intip Yuk, Sejarah Nissan GT-R Wakil Jaksa Agung Indonesia Yang Terbakar

Berhubung mayoritas membernya adalah senior yang sudah berkecimpung di dunia otomotif sejak dahulu, maka memang sekarang GOCI jarang terlihat melakukan aktivitas, “Sekalinya ada event memang harus dikoordinasi terlebih dahulu secara spesifik, soalnya mereka punya kesibukan sendiri-sendiri,” sambungnya.

Secara orientasi, Eka mengatakan bahwa GOCI lebih cenderung mengarah ke dunia motorsport. Karena itu, pembesut GT-R putih ini mengatakan mereka memang mengaku lebih senang melakukan track day di sirkuit resmi karena mobilnya pun memang representatif, apalagi bagi mereka yang melakukan personalisasi dari segi estetika hingga performa.

GT-R Owners Club Indonesia

Salah satu yang legendaris adalah Skyline R34 GT-R yang merupakan limited edition. Bukan sekadar Nissan Skyline GT-R R34 biasa, GT-R R34 Z-Tune hasil modifikasi Nismo ini hanya di produksi sebanyak 19 unit di seluruh dunia.

Mampu mengeluarkan tenaga sekitar 500 dk, mesin RB26DETT-nya berlabel ‘Z1’ yang artinya mesin tersebut adalah homologasi balap Le Mans GT2 dan GT500. GT-R R34 ini adalah unit ke-8 dari total 19 unit.

Harapan Eka ke depannya agar para anggotanya lebih solid dan berharap memiliki acara rutin seperti track day 1-2 bulan sekali. “Karena faktor kesibukan masing-masing tadi, maka koordinasi memang harus dilakukan jauh-jauh hari agar tidak bentrok dengan agenda pribadi para member,” tutupnya.