POPULAR STORIES

Intip Spesifikasi Truk Listrik MGT-NF8T Milik PT MAB

Intip Spesifikasi Truk Listrik MGT-NF8T Milik PT MAB Truk listrik MGT-NF8T Milik PT MAB (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pada ajang pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, PT Mobil Anak Bangsa (MAB) telah memperkenalkan sejumlah produk kendaraan listrik unggulannya mulai dari motor dan bus.

Namun, salah satu produk terbaru yang cukup menarik perhatian para pengunjung, ialah unit rolling chassis (sasis) truk listrik yang telah dikembangkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Baca Juga: PT MAB Pamer Bus Listrik MD12E-NF, Begini Spesifikasinya

Kelik Irwantono, Direktur Utama PT MAB mengatakan bahwa meski sasis ini masih berstatus prototipe, sasis truk listrik ini sudah melalui riset dan pengembangan di dalam negeri, sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan aplikasi.

“Sebagai pemain yang memfokuskan pada kendaraan komersial berbasis listrik, tahun ini kami menampilkan hasil riset dan pengembangan kita selain bus listrik, yaitu truk listrik,” ungkapnya saat ditemui, Selasa (30/04/2024).

Truk listrik MGT-NF8T Milik PT MAB (Foto: KabarOto)

Truk listrik dengan kode model MGT-NF8T ini, memiliki dimensi panjang 6.150 mm, lebar 2.100 mm dan wheelbase yang mencapai 3.620 mm, dengan GVW 8 ton, sehingga diklaim masuk ke dalam segmen truk tugas menengah (medium duty).

Dipersenjatai baterai listrik berkapasitas 162,28 kWh berkekuatan 120 Ah, terintegrasi dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 217 dk (160 kW), dengan torsi puncak sebesar 2.100 Nm.

Baca Juga: Butuh Daya Yang Besar, Hino Ungkap Bus Listrik Belum Cocok Untuk Rute AKAP

Menggunakan baterai dan motor listrik tersebut, truk listrik MGT-NF8T ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum sekitar 80 kpj, serta dapat menempuh jarak hingga mencapai 150 km dalam sekali pengisian daya.

Soal pengisian daya, truk listrik ini mampu mengisi daya baterai dari 0 hingga 100% dalam waktu sekitar 3 jam, menggunakan pengisian daya cepat (DC). Truk ini juga sudah dilengkapi dengan soket charger tipe CCS2.

Baterai dan Sejumlah Komponen Truk listrik MGT-NF8T Milik PT MAB (Foto: KabarOto)

Layaknya konvensional, truk listrik buatan PT MAB ini sudah menggunakan suspensi udara (air suspension) di seluruh bagian kaki-kaki, yang diklaim mampu membuat guncangan truk menjadi lebih lembut saat melewati jalan terjal.

Baca Juga: VKTR Mulai Bangun Pabrik, Produksi 3.000 Unit Bus Dan Truk Listrik Per Tahun

Tak hanya itu, keunggulan lain dari truk listrik ini terdapat dari sistem pengereman yang sudah menggunakan fitur Anti-lock Breaking Sistem (ABS) untuk menjaga keselamatan dengan menghindari terjadinya penguncian roda ketika rem mendadak.