POPULAR STORIES

Intip Spesifikasi Yamaha YZR-M1, Bakal Bertarung Di MotoGP 2024

Intip Spesifikasi Yamaha YZR-M1, Bakal Bertarung di MotoGP 2024 Yamaha YZR-M1 akan bertaung di MotoGP 2024 (Foto: Yamaha)

KabarOto.com - Monster Energy Yamaha merilis motor Yamaha YZR-M1 untuk MotoGP 2024. Lalu, bagaimana spesifikasi motor balap ini?

Dari sisi teknis, Yamaha YZR-M1 tidak banyak berubah. motor balap ini menggunakan mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.000 cc dengan crankshaft cross-plane. Mesin tersebut diklim mampu menghasilkan tenaga 270 dk.

Sebagai informasi, Yamaha merupakan satu-satunya pabrikan yang mengadopsi mesin 4 silinder segaris, padahal pabrikan lain menggunakan mesin V4.

Mesin yang digunakan Yamaha ini, dipadukan transmisi 6 percepatan tipe cassette dengan alternatif gear ratio. Motor ini menggunakan ECU dari Marelli sesuai ketentuan dari FIM.

Baca Juga: Hasil Lengkap Tes Shakedown MotoGP 2024, Pedro Acosta Bikin Kejutan!

Yamaha YZR-M1

Sasis alumunium twin tube Delta Box dengan multi-adjustable steering geometry dijadikan sebagai penopang. Sedangkan swingarm menggunakan bahan alumunium/CFRP. Suspensi depan upside doen dan belakang menggunakan merek Ohlins.

Pengereman mengandalkan kaliper monobloc finned alumunium GP4 Brembo dengan empat piston titanium di depan. Kaliper dari Brembo dipadukan double cakram berbahan karbon di bagian depan. Sedangkan, di belakang ada rem cakram besi dengan kaliper alumunium dua piston.

Baca Juga: Winglet MotoGP Dinilai Memiliki Banyak Perubahan Bentuk, Ini Penjelasannya

Fabio Quartararo dan Alex Rins memperkuat Yamaha di MotoGP 2024.

Yamaha YZR-M1 menggunakan pelek Forged Magnesium berukuran 17 inci di depan dan belakang. Bannya mengandalkan Michelin 17 inci dengan pilihan ban slick dan basah.

Secara keseluruhan, sesuai dengan regulasi FIM, Yamaha YZR-M1 memiliki bobot kosong 157 kg.

Desainnya sendiri, Motor Yamaha YZR-M1 masih didominasi warna biru dan hitam seperti musim lalu, hanya saja ada ubahan pada sponsor baru. Lambang cakar yang ikonik masih menghiasi motor, seragam dan logo tim balap.

Musim ini, Yamaha akan diperkuat oleh pembalap Fabio Quartararo dan nama baru Alex Rins yang akan bertarung bersama di MotoGP 2024.