POPULAR STORIES

Ironi Pabrikan Mobil Jepang, Naik Secara Penjualan Tapi Produksi Menurun

Ironi Pabrikan Mobil Jepang, Naik Secara Penjualan Tapi Produksi Menurun

KabarOto.com – Sepanjang bulan April tahun ini, pabrikan mobil asal Jepang mencatatkan peningkatan dalam hal penjualan roduk. Sayangnya, peningkatan penjualan ini tidak dibarengi dengan jumlah produksi kendaraan karena adanya krisis komponen cip semikonduktor.

Secara penjualan, Toyota Motor Corp mencatatkan peningkatan 103% menjadi 859.448 unit di bulan April. Sedangkan, Nissan Motor Co meningkat 65% menjadi 358.656 unit dan Honda Motor Co naik 106% menjadi 47.817 unit.

Baca juga : Pasokan Semikonduktor Berkurang, Nissan Dan Honda Pangkas Jumlah Produksi

Untuk produksi kendaraan, Toyota menghasilkan 761.459 unit kendaraan. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan Nissan dan Honda mengalami penurunan sebesar 29% dan 7%.

Menurut analis Intelijen Bloomberg, Tatsuo Yoshida mengatakan, “Produsen mobil di seluruh dunia mulai bergulat dengan kenyataan bahwa mereka tidak bisa memanfaatkan permintaan mobil yang mulai pulih karena kekurangan pasokan semikonduktor.”

Baca juga : Atasi Krisis, Samsung Pasok Komponen Cip Semikonduktor Untuk Hyundai

Sementara itu, menurut Analis Carnorama, Takeshi Miyao menjeskan, “Krisis ini, tidak mempengaruhi Toyota. Kemungkinan, krisis ini baru akan terasa pada bulan Juni dan Juli.”

Bagi Nissan, krisis cip semikonduktor akan mengurangi produksinya sebanyak 500.000 unit di tahun fiskal ini. Rencananya, mereka akan mengalihkan jumlah kekurangan tersebut pada paruh kedua tahun ini.