POPULAR STORIES

Isuzu Berencana Pindahkan Pabriknya Di Thailand Ke Indonesia

Isuzu Berencana Pindahkan Pabriknya di Thailand ke Indonesia Ilustrasi: Isuzu Training Center di Pondok Ungu, Bekasi (Isuzu-astra.com)

KabarOto.com - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja ke Jepang dan bertemua dengan para pelaku industri otomotif asal Negeri Sakura yakni Fuso, Daihatsu, dan Isuzu.

Pada pertemuan dengan Isuzu Motors Ltd., Menperin mengapresiasi kinerja perusahaan tersebut yang telah mampu mengekspor kendaraan niaga Traga produksi Indonesia ke negara-negara lain, seperti Filipina, Laos, Myanmar, juga Timur Tengah.

Baca Juga: Jaga Kepuasan Konsumen, Isuzu Gunakan Strategi Double Striker

Dengan utilisasi pabrik mencapai 85 persen, produksi Isuzu Indonesia pada 2022 mencapai 44.694 unit, atau 15% dari total produksi Isuzu di seluruh dunia. Mulai tahun 2024, Isuzu juga akan memproduksi UD Trucks di Karawang yang merupakan pemindahan basis produksi dari Thailand.

"Pihak Isuzu menyampaikan akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada 2024," ujar Agus Gumiwang dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/6).

Ilustrasi: Booth Isuzu di GIIAS 2022 (Foto: KabarOto)

Pabrik yang akan dipindahkan tersebut memproduksi UD Trucks yang semula dimiliki oleh Volvo dan diambil alih oleh Isuzu pada 2019.

"Kami akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik," ucap Menperin.

Di Indonesia, pabrik Isuzu yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, memiliki tingkat utilisasi yang cukup tinggi, mencapai 85 persen. Produksi 2022 sebesar 44.694 unit, atau 15 persen dari total produksi Isuzu di seluruh dunia.

Baca Juga: Isuzu Dukung Kebijakan SRUT, Tawarkan Kendaraan Komersial Siap Pakai

Peningkatan kapasitas produksi Isuzu Indonesia dapat dioptimalkan untuk memperluas pasar ekspor, termasuk ke negara-negara di Afrika.