POPULAR STORIES

Profil Isuzu D-Max Single Cabin 4x4

Profil Isuzu D-Max Single Cabin 4x4 Isuzu D-Max Single Cabin 4x4 (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Isuzu D-Max merupakan kendaraan komersial ringan (LCV) jenis pikap. Dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan armada pelaku usaha di Indonesia, termasuk kebutuhan armada pada sektor pertambangan dan perkebunan.

D-Max memang cukup tenar sebagai kendaraan pikap kabin ganda (Double Cabin/D-Cab), namun sebagai kendaraan niaga, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), agen pemegang merek (APM) Isuzu di Indonesia juga menghadirkan D-Max dalam model kabin tunggal (Single Cabin/S-Cab).

Baca Juga: Profil All New Isuzu D-Max Rodeo

Secara tampilan, Isuzu D-Max S-Cab memang serupa dengan model D-Cab, memiliki gaya yang agresif dan modern, berkat gril besar berpadu dengan dua bilah aksen glossy, dengan emblem Isuzu serta lampu depan yang mengunakan halogen multireflektor.

Eksterior Isuzu D-Max Single Cabin (Foto: KabarOto)

Namun bedanya, bagian bumper depan D-Max S-Cab hadir tanpa dicat, alias hanya warna dasar saja. Hal ini untuk mempermudah proses reparasi jika bumper depan, mengalami kerusakan. Mengingat medan D-Max S-Cab yang esktrim seperti di perkebunan dan pertambangan.

Pada bagian samping, tampilan Isuzu D-Max S-Cab terlihat lebih sederhana bila dibandingkan dengan tipe tertingginya yaitu, D-Max D-Cab Rodeo yang lebih sporty. Hal itu terlihat pada penggunaan spion dan gagang pintu yang juga masih menggunakan warna dasar.

Namun, mobil pertambangan ini berdiri diatas kaki-kaki tangguh seperti pelek baja 16 inci yang dibungkus dengan ban GT Radial Savero M/T berukuran 205/R16C serta suspensi Double Wishbone with Coil Spring di bagian depan dan Leaf Spring Rigid Axle di bagian belakang.

Eksterior Isuzu D-Max Single Cabin (Foto: KabarOto)

Secara menyeluruh, dimensi Isuzu D-Max kabin tunggal ini, memiliki panjang 5.230 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.770 mm serta jarak sumbu roda (wheelbase) mencapai 3.125 mm, ground clearance sebesar 220 mm dan radius putar 6 m.

Selanjutnya, tampilan belakang Isuzu D-Max S-Cab ini tetap proporsional, menambah kesan tangguh. Standarnya, model S-Cab ini tidak memiliki bumper belakang, namun, beberapa pengguna mobil ini kerap memasang dengan aksesori bumper besi dan rollbar di bagian baknya.

Baca Juga: Profil Isuzu Giga FVR U Wingbox, Truk Kelas Berat Mampu Bawa Beban 16 Ton

Sebagai model kabin tunggal, ukuran bak kargonya tentu sudah pasti lebih besar dari model kabin gandanya. Bak kargo D-Max S-Cab ini memiliki panjang 2.330 mm, lebar 1.590 mm dan tinggi 465 mm. Pikap ini dapat mengangkut beban maksimum sebesar 2.800 kg atau sekitar 3 ton.

Interior Isuzu D-Max Single Cabin (Foto: KabarOto)

Kesamaan Isuzu D-Max S-Cab dan D-Cab juga terilhat pada bagian interiornya karena layout dasbor yang sama persis. Namun bedanya, fitur hiburan S-Cab hanya disemat audio 2 Din, yang terintegarasi dengan Radio dan Bluetooth. Sementara D-Cab sudah layar sentuh 7 Inci.

Tak hanya itu, perbedaan juga telihat pada sakelar power window dimana D-Max S-Cab, masih menggunakan engkol putar sementara D-Cab sudah menggunakan power window dan power mirror adjuster, untuk memudahkan mengubah posisi spion senyaman pengemudi.

Kabin pikap Isuzu D-Max S-Cab ini masih menggunakan jok berlapis vinyl, belum menyematkan teknologi tilt and telescopic seperti pada varian tertingginya D-Cab Rodeo. Panel instrumennya pun juga cukup sederhana, namun tetap informatif.

Mesin Isuzu D-Max Single Cabin (Foto: KabarOto)

Soal Spesifikasi, sebagai kendaraan tambang, Isuzu D-Max kabin tunggal ini dibekali mesin diesel common-rail RZ4E-TC berkapasitas 1.898 cc (1.9L), sanggup menghasilkan tenaga sebesar 147 dk di putaran 3.600 rpm, dan torsi 350 Nm di putaran 1.800-2.600 rpm.

Tenaga dan torsi tersebut disalurkan melalui transmisi manual model MVL-6Y, 6-percepatan ke penggerak semua roda (4WD) dengan tingkat rasio gigi akhir di angka 3.909. Diilengkapi dengan fitur Different Lock, untuk memberikan traksi lebih baik saat berada di medan ekstrim.

Baca Juga: ARB Bikin Isuzu D-Max Asyik Buat Berkemah

Menariknya lagi, mesin yang sudah berstandar emisi Euro 4 itu juga sudah dilengkapi teknologi turbo desain baru, dapat diatur secara elektrik (electric control VGS turbo charger) serta dibekali tangki bahan bakar berkapasitas 76 liter.

Sayangnya, fitur keamanan model D-Cab lebih banyak dibanding dengan model S-Cab ini yang hanya menyematkan fitur ABS (Anti-Lock BrakeSystem), EBD (Electronic Brake-force Distribution), BA (Break Assist), Emergency Stop Signal (ESS) dan 2 buah Airbags.

Isuzu D-Max Single Cabin dibanderol Rp366,5 jutaan On The Road (OTR) Jakarta dan hanya memiliki dua varian warna bodi eksterior yang terdiri dari warna Splash White (Putih) dan warna Mercuri Silver (Silver).

Berita Terkait

Berita Terkait