Begini Cara Isuzu Mengurangi Sampah Plastik

Begini Cara Isuzu Mengurangi Sampah Plastik Isuzu kurangi sampah plastik di kantor pusat

KabarOto.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) ikut serta untuk menggalakkan pengurangan limbah plastik yang diinisiasi Astra International. Isuzu mengimplementasikan kampanye ramah lingkungan tersebut, dengan langkah nyata.

Salah satunya dengan mengurangi plastik dari bungkus makan siang para karyawan yang disediakan kantor. Melalui poster dan media kreasi lainnya, perusahaan truk komersial di Indonesia ini, makanan box akhirnya diganti menggunakan mangkuk plastik.

Baca Juga: Covid-19 Masih Mengancam, Isuzu Batal Luncurkan Blind Van

Meskipun langkah tersebut terkesan sederhana, penggunaan mangkok ini ternyata memiliki kandungan plastik lebih sedikit. Jika dikalikan jumlah karyawan IAMI yang lebih dari 800 orang, akan memberikan hasil yang berbeda.

“Ini bukan langkah baru, sebelumnya pada Ramadhan lalu, IAMI juga mengubah system pembagian parcel,” terang Puti Annisa Moeloek, Marketing Communication Dept. PT Isuzu Astra Motor Indonesia. Pembagian parcel yang tadinya dalam bentuk plastik besar diubah menjadi kardus. Selanjutnya, IAMI akan bekerjasama dengan bank sampah untuk proses selanjutnya yaitu reuse dan recycle.

Memaksimalkan kardus sebagai pengganti plastik

Baca Juga: Implementasi Emisi Euro 4 Ditunda, Isuzu Atur Peluncuran MU-X Dan Traga

Gerakan ini merupakan kontribusi langsung Astra untuk menjadi bagian dari solusi permasalahan masyarakat serta berpartisipasi untuk menjadi bagian dari perbaikan lingkungan sekitar. Hingga tiga bulan kampanye ini dijalankan, Astra berhasil mengumpulkan 47.013 kg plastik dari 4.930 karyawan dan masyarakat melalui gerakan "Semangat Kurangi Sampah Plastik".

Sebanyak 42.758 kg dari sampah plastik yang terkumpul, telah dikelola oleh 45 perusahaan-perusahaan Grup Astra dan tiga yayasan Astra.