POPULAR STORIES

Isuzu Siap Implementasikan Biodisel 35 Persen, Begini Hasil Uji Coba Kendaraannya

Isuzu Siap Implementasikan Biodisel 35 Persen, Begini Hasil Uji Coba Kendaraannya Produk Isuzu telah siap menerapkan kebijakan Biodiesel 35 persen

KabarOto.com - Mulai 1 Februari 2023 mendatang, Pemerintah akan memberlakukan kebijakan bahan bakar nabati Biodiesel 35 persen (B35). PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang memasarkan produk bermesin diesel, mengaku siap mengimplementasikannya.

Division Head of Business Strategy Division PT IAMI Attias Asril mengatakan, pihaknya sudah melakukan uji coba B35, hasilnya tidak menemukan kendala yang berarti, pada kendaraannya. Namun, konsumen harus harus memastikan kualitas bahan bakar yang digunakan.

Baca Juga: Isuzu Mencapai Penjualan Tetinggi Sepanjang Sejarah

"Terkait perawatan, itu harus sesuai yang direkomendasikan pabrikan," kata Attias dalam acara Isuzu Media Gathering, Rabu (25/01/2023). Nah, jika terpaksa menggunakan bahan bakar berkualitas rendah pada kendaraannya, untuk segera melakukan servis. Komponen seperti filter bahan bakar harus diganti dan tangki bahan bakar harus dikuras.

Isuzu Traga salah satu produk yang siap dengan B35

"Jadi selama perawatan berkala itu dilakukan, rasanya tidak akan ada kendala yang berarti," jelasnya. Seperti diketahui, implementasi Biodiesel B35 ini tertuang dalam Surat edaran Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE), ditetapkan 28 Desember 2022.

Surat tersebut, mengatur tentang Implementasi Penahapan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati Jenis Biodiesel, untuk Campuran Bahan Bakar Minyak Jenis Solar, dan Kerangka Pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit.

Baca Juga: Isuzu Gaet 45 Pelaku Usaha Pertanian Sebagai Konsumen D-Max Dan Traga

Terdapat poin yang menyebutkan, pencampuran BBN jenis Biodiesel persentase sebesar 35 persen (B35) ke dalam BBM jenis minyak, solar mulai berlaku pada tanggal 1 Februari 2023.

Sementara untuk periode Januari 2023, persentase pencampuran BBN jenis Biodiesel ke dalam BBM jenis minyak solar sebesar 30 persen (B30).