POPULAR STORIES

Jadi Crossover Listrik Pertama, MINI Aceman Resmi Debut

Jadi Crossover Listrik Pertama, MINI Aceman Resmi Debut MINI Aceman. (Foto: Carscoops)

KabarOto.com - Menjadi crossover listrik yang dirancang untuk bersaing di segmen SUV, MINI akhirnya meluncurkan Aceman di China. Merupakan saudara kandung MINI Cooper, mobil terbaru ini menawarkan kabin yang lebih lega.

Berbeda dengan stablemate-nya, MINI Aceman tersedia secara eksklusif sebagai kendaraan EV. Pabrikan juga menawarkan dua output daya dan kapasitas baterai, seperti dilansir Carscoops.

Desain dan Eksterior MINI Aceman

Desain yang disematkan juga memadukan fitur menawan dari Cooper hatchback dengan detail sudut dari SUV Countryman. Selain lapisan plastik hitam matte di sekitar bodywork, mobil ini juga memiliki kaca sampul dan atap mengambang yang merupakan ciri khas desain MINI.

Tak lupa hadirnya grill segi delapan di bagian depan serta bumper bawah yang mampu memberikan pendinginan untuk internal EV. Untuk lampu depan, terdapat tiga mode berbeda untuk grafis LED, mirip dengan lampu belakang bergaya piksel.

Baca Juga : Panda Mini EV Go Kart Edition Dapat Sentuhan Bodykit Dan Livery Khusus

Jajaran MINI Aceman menawarkan empat trim berbeda, yakni Essential, Classic, Favoured, dan JCW. Masing-masing menggunakan lencana berbentuk lonjong dan pelek berukuran 17 atau 19 inci. Selain itu, terdapat juga desain bemper unik, atap dan garis kap berwarna Chili Red untuk JCW.

Dimensi MINI Aceman

Dari sisi dimensi, MINI Aceman memiliki panjang 4.075 mm, lebar 1.754 mm, dan tinggi 1.495 mm, sehingga berada di bawah segmen SUV subkompak (B-SUV).
Meskipun ukurannya kecil, para desainer MINI tetap setia pada prinsip penggunaan ruang yang cerdas, dengan menekankan kepraktisan, sehingga kabinnya memiliki susunan lima tempat duduk dengan ruang kargo 300 liter.

Interior MINI Aceman

Masuk ke interior, terdapat layar sentuh OLED melingkar berukuran 9,44 inci di bagian tengah. Sistem infotainment Operasi MINI 9 terinspirasi oleh smartphone dan mengintegrasikan Intelligent Personal Assistant baru dari Mini yang disebut Spike. Pengemudi memiliki akses ke delapan mode berkendara, seperti Personal Mode, Go-Kart Mode, Vivid Mode, Core Mode, Green Mode, Timeless Mode, Balance Mode dan Trail Mode.

Fitur MINI Aceman

Mobil ini juga dilengkapi dua belas sensor ultrasonik dan empat kamera surround view, serta rangkaian ADAS yang dapat mencakup sistem canggih seperti Driving Assistant Plus dan Remote Parking.

Baca Juga : Wajib Tahu Batas Usia Minimal Pembuatan SIM di Indonesia, Tidak Semua 17 Tahun

Performa MINI Aceman

MINI Aceman memiliki basis yang sama dengan MINI Cooper listrik, sehingga kedua model menawarkan powertrain dan paket baterai yang sama. Aceman E entry-level dilengkapi dengan motor listrik tunggal yang menghasilkan tenaga 181 dk dan torsi 290 Nm, karena dilengkapi baterai 40,7 kWh, sehingga mampu memberikan jangkauan WLTP 310 km.

Sedangkan MINI Aceman SE mengusung motor listrik yang lebih bertenaga, karena mampu menghasilkan tenaga 215 dk dan torsi 330 Nm. Dengan baterai 54,2 kWh, model ini mampu menempuh jarak 406 km.

MINI Aceman diperkirakan akan mulai dijual di Tiongkok, Eropa, dan Inggris menjelang akhir tahun. Produksi Aceman akan dimulai di Tiongkok, diikuti pabrik Mini di Oxford, Inggris mulai 2026.

Berita Terkait

Berita Terkait