POPULAR STORIES

Jaga Keamanan Dan Keselamatan Di Jalan, Ini Yang Dilakukan Pengemudi Truk Sebelum Mengantar Barang

Jaga Keamanan dan Keselamatan di Jalan, Ini yang Dilakukan Pengemudi Truk Sebelum Mengantar Barang Truk Boks saat melakukan pemeriksaan mesin. (Foto: Gata)

KabarOto - Dalam menjalankan tugas mengantar logistik, pengemudi truk dituntut agar selalu fokus dalam berkendara serta selalu mementingkan keselamatan dan keamanan di jalan raya. Guna menunjang hal tersebut, yang dilakukan pengemudi truk adalah memeriksa unit kendaraannya sebelum menjalankan aktivitas.

Ini yang dilakukan Syafei, salah satu pengemudi truk logistik. Sebelum berangkat, mengantar muatan, ia terlebih dulu memeriksa kondisi truk yang akan dibawa, seperti tekanan angin ban, pengunci pintu box serta oli mesin.

Baca juga: Kemenhub Terapkan Sistem Digitalisasi Untuk Pelanggar ODOL

Pemeriksaaan truk boks sebelum pengantaran barang. (Foto: Gata)

“Sebelum berangkat, paling penting cek kondisi angin di ban, tekanannya harus pas tidak boleh kurang ataupun lebih karena kita ini kendaraan yang mengangkut barang,” kata Syafei, saat ditemui di komplek pergudangan Kosambi, Tangerang beberapa waktu yang lalu.

Menurut Syafei, setelah selesai memeriksa tekanan angin pada ban, juga selalu memeriksa gembok pengunci pintu box, jangan sampai terbuka, karena dapat mengakibatkan barang bawaan terjatuh serta membahayakan kendaraan di belakangnya.

“Oli mesin juga penting diperiksa, jangan sampai saat kita kerja oli mesin itu berkurang dan menyebabkan kendala di jalan, malah nanti merepotkan, sehingga logistik barang bawaan lama sampainya,” ujarnya.

Baca juga : Pertama Di Indonesia, PO Juragan 99 Rilis Bus Double Decker Dengan Kabin Sleeper

Saat sedang mengantar barang dan terpaksa masuk rest area, kata Syafei, sebisa mungkin memarkirkan kendaraan di dekat kerumunan orang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ya saat ini kan lagi marak pencurian ban serep serta aki, kalau masuk rest area itu mobil saya parkir dekat banyak orang, tapi kalau keluar kota yang jauh-jauh gitu juga tidak pernah, paling ke Bandung saja,” ungkapnya.